Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Hafid Abbas: Lebih Baik Datangkan Konsultan Asing daripada Rektor - Gudang Berita Viral

MENDONGKRAK kualitas PTN menuju kelas dunia tidak harus mendatangkan rektor. Bisa merekrut tenaga ahli dari luar negeri sebagai konsultan untuk menentukan kebijakan kampus. Sebab, rektor adalah jabatan yang bertanggung jawab terhadap anggaran negara. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Agas Putra Hartanto dengan Ketua Senat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Hafid Abbas kemarin (7/8).



Apakah program rektor asing itu memang dibutuhkan?

Belum waktunya saat ini. Ada banyak kendala yang harus dihadapi sehingga sulit dilakukan. Pertama, persoalan undang-undang. Mengubah itu bukan persoalan sederhana. Harus melewati DPR, pembahasan di tingkat pemerintah, dan banyak hal lagi yang sensitif. Ingat, rektor adalah kuasa pengguna anggaran. Bagaimana mempertanggungjawabkan uang ke negara nanti? Kan ini harus ada aturannya. Sementara hal itu belum dimungkinkan. Saya belum tahu kenapa ini tiba-tiba menggebu-gebu mau melakukan itu (program rektor asing, Red).

Jika memang membutuhkan peran akademisi asing, menurut Anda baiknya di posisi apa?

Jika mau melakukan (impor akademisi asing) sebenarnya tidak apa-apa. Tapi jangan rektor. Ya, sebut saja sebagai konsultan. Membantu kampus untuk penelitian misalnya. Datangkan saja ahlinya yang memiliki jaringan kuat dengan peneliti, dosen, maupun bekerja sama dengan komunitas kampus internasional. Dari situ nanti kita akan dibantu untuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan sebagainya. Diatur keterlibatannya. Bisa istilahnya sebagai konsultan, profesor ahli, maupun peneliti yang tugasnya membantu kebijakan.

Saat kali pertama mendengar program rektor asing, bagaimana respons Anda?

Yang punya ide ini sepertinya tidak mengerti dengan negara ini. Pengalamannya nggak ada. Disangkanya mau melakukan ini gampang saja. Padahal merusak sistem. Saya kira mendatangkan rektor asing tidak lantas membuat kampus itu maju.

Memang universitas perlu dimajukan. Tapi, cara memajukannya harus dipahami. Jangan dengan wacana tiba-tiba begini. Seperti kata-kata Pak Habibie, besi itu tidak bisa jadi pesawat terbang dengan hanya keinginan presiden. Harus ada ahli yang membuat itu jadi pesawat terbang.

Apakah program rektor asing ini bisa dibilang instan?

Untuk menetapkan program itu masih panjang. Karena kita harus menyesuaikan sistem kita. Biar nggak seenak maunya menteri. Kalau toh ini dilakukan, itu berdampak pada heroisme kebanggaan kita terhadap ilmuwan Indonesia. Dengan program ini jadi terkesan negara ini tidak mampu.

Sebab, yang jadi masalah dan harus kita benahi itu adalah sistem. Menyamakan standar mutu universitas yang ada di seluruh Indonesia. Jika sistem ini belum ada, terus mau mendatangkan akademisi asing untuk menjabat rektor, ini akan merusak heroisme kebanggaan terhadap orang-orang Indonesia yang pintar.

Apa yang dibutuhkan kampus Indonesia untuk menaikkan pamornya ke tingkat dunia?

Ada lima. Pertama, meningkatkan kualitas proses perkuliahan. Dosen harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Harus doktor misalnya. Kedua, penelitian harus bertaraf internasional dan dikaitkan dengan ekonomi bangsa. Penelitian seperti turisme, pertambangan, perikanan, dan sektor strategis lainnya.

Ketiga, perlunya publikasi. Supaya tulisan orang Indonesia bisa diakses orang seluruh dunia. Keempat, harus ada kerja sama internasional dan betul-betul bisa mengangkat reputasi kampus. Terakhir, universitas harus bisa cari duit. Melalui penelitiannya yang bisa dikomersialkan untuk produk industri. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Abdee Beri ‘Roh’ pada 3 Lagu SLANK dalam Slanking Forever - Gudang Berita Viral Abdee Beri ‘Roh’ pada 3 Lagu SLANK dalam Slanking Forever
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Minta Pemerintah Kaji Ulang, INDEF: Ini Kan Bukan Memindahkan Pabrik - Gudang Berita Viral Minta Pemerintah Kaji Ulang, INDEF: Ini Kan Bukan Memindahkan Pabrik
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pansel Umumkan Hasil Tes, KPK Bongkar Rekam Jejak 20 Peserta Capim - Gudang Berita Viral Pansel Umumkan Hasil Tes, KPK Bongkar Rekam Jejak 20 Peserta Capim
Jumat, 23 Agu 2019, 22:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print