Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 11 Agu 2019, 16:00:13 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Gunakan Besek Bambu, Masjid Istiqlal Siap Bagikan 5.000 Daging Kurban - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Panitia kurban Masjid Istiqlal menyediakan 5.000 besek bambu untuk membagikan hewan kurban yang telah disembelih kepada masyarakat. Besek bambu tersebut merupakan anjuran dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai sebagai wadah distribusi daging kurban.

“Penerima kami perkiraan, kalau ini (sapi) 23 mungkin 5.000 sampai 6.000 kantong. Satu kantong 1 kilogram,” kata Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (11/9).



Abu menjelaskan, besek bambu tersebut didatangkan dari pengrajin asal Tasikmalaya. Penggunaan besek ini, kata Abu, menindaklanjuti aturan yang diterbitkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut Abu, proses penyembelihan heean kurban pada tahun ini dilakukan lebih cepat. Sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan distribusi daging kurban lebih cepat.

“Targetnya sebelum maghrib sudah didistribusikan. Kalau tahun lalu kan disembelihnya malam, jelang pagi kelar, baru dibagi,” jelas Abu.

Petugas saat memasukan daging kurban ke besek bambu yang ramah lingkungan di kawasan Patal Senayan, Jakarta, Minggu (11/8/2019). Foto: Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com

Masjid Istiqlal pada hari raya Idul Adha 1440 Hijriah sedianya telah menerima 43 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Dua di antaranya ialah sapi limosin milik Presiden Joko Widodo yang berbobot 1,07 ton dan sapi milik Wakil Presiden Jusuf Kalla berbobot 1,02 ton.

Terkait pemberian daging kurban, panitia membagikan dengan cara lebih terhormat, yakni para penerima tidak perlu datang untuk mendapatkan kupon lalu antre untuk mendapatkan daging. Panitia Masjid Istiqlal yang akan aktif mengantarkan hewan kurban ke rumah warga.

“Kami menerapkan cara yang lebih terhormat, dimana panitia masjid Istiqlal yang aktif mengantarkan hewan kurban tersebut sampai ke rumah orang-orang yang berhak mendapatkannya,” ujar Abu.

Penyerahan hewan kurban tersebut, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla diwakili oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin serta Menteri Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN)‎, Sofyan Djalil di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (11/8). (Muhammad Ridwan/gudangberitaviral.com)

Tim panitia kurban Masjid Istiqlal telah bekerjasama dengan pengurus kelurahan (RT/RW), yang sudah menyurvei data warga miskin untuk berhak mendapatkan daging kurban (mustahik) di sekitar Masjid Istiqlal. “Di situlah kami membentuk koordinator. Ada yang dua, ada yang tiga satu kelurahan,” ungkap Abu.

Lebih jauh Abu menguraikan, ada lima rayon yang diprioritaskan untuk pendistribusian daging kurban, ini melihat karena jaraknya lebih dekat dengan Masjid Istiqlal. Abu pun mengharapkan pendistribusian tersebut dilakukan dengan tepat sasaran, yakni warga yang kurang mampu.

“Rayon satu di daerah Pasar Baru, daerah Gang Kingkit, dan sekitarnya. Kemudian daerah Kemayoran dan sekitarnya rayon dua. Kemudian daerah Tanah Tinggi Senen rayon tiga, lalu Kramat Raya rayon empat, terakhir rayon lima di Tanah Abang,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Lima Hal Ini Mengubah Dosa Kecil Menjadi Besar  - Gudang Berita Viral Lima Hal Ini Mengubah Dosa Kecil Menjadi Besar
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bursa Saham Asia Mulai Naik Tipis  - Gudang Berita Viral Bursa Saham Asia Mulai Naik Tipis
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lukaku Cetak Gol, Inter Kalahkan Gozzano  - Gudang Berita Viral Lukaku Cetak Gol, Inter Kalahkan Gozzano
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print