Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 30 Agu 2019, 23:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Guadalajara, Kota di Meksiko yang Diselimuti Aura Menakutkan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Guadalajara merupakan salah satu kota terbesar di Meksiko. Kota ini menjadi ibu kota negara bagian Jalisco. Berdasar sensus 2015, populasi di Guadalajara mencapai 1.460.148 jiwa. Di kawasan Amerika Latin, Guadalajara menjadi kota dengan populasi terbesar ke-10. Selain itu, Guadalajara menjadi salah satu pusat perekonomian di Meksiko.

Hanya saja, Guadalajara menyimpan hal yang menakutkan. Terutama di wilayah-wilayah pinggiran. Seperti dilansir BBC, rumah-rumah di pinggiran Guadalajara banyak yang digunakan sebagai tempat untuk menyembunyikan mayat oleh anggota geng atau kartel narkoba. Tentunya, mayat-mayat itu adalah musuh mereka. Maklum saja, kartel narkoba di Meksiko bisa dibilang menjamur dan kerap terjadi perang antarkartel.



Salah satu petunjuk bahwa wilayah-wilayah pinggiran Guadalajara menyimpan aura menakutkan seperti yang terjadi di La Estancia. Itu adalah wilayah pemukiman yang rindang di Guadalajara. Di sana terdapat lusinan tulisan “dijual” yang dipasang di luar rumah. Artinya, rumah-rumah di sana banyak yang dijual oleh pemiliknya.

Orang-orang di sana mulai meninggalkan rumahnya pada Mei lalu usai polisi menemukan mayat yang membusuk di sebuah rumah di sisi jalan yang sepi. Pada Juli lalu, seorang korban penculikan berhasil melarikan diri. Dia kemudian memberikan laporan ke polisi dan menyerahkan alamat saat dirinya diculik. Polisi mendatangi rumah di wilayah La Estancia dan malah menemukan mayat dan tiga kepala yang terpenggal.

Sepanjang tahun ini, lebih dari 15 area pembunuhan dan pemakaman telah ditemukan di Guadalajara. Beberapa di antaranya ditemukan di dalam sebuah rumah dan jumlahnya mencapai puluhan mayat. BBC merilis, secara total 40.000 orang Meksiko dilaporkan hilang sejak 2006. Sebagian belum diketemukan dan yang diketemukan sudah tak bernyawa.

Warga Guadalajara sendiri termasuk enggan berurusan dengan aksi-aksi sadis tersebut. Mereka takut untuk melaporkan kegiatan mencurigakan di wilayah mereka kepada polisi. Ketika anggota geng narkoba menguburkan korban pihak lawan di rumah warga, mereka mengancam agar warga tak melaporkan ke polisi.

Selain itu, warga atau pihak yang kehilangan anggota keluarganya, akan kesulitan mencari. Mereka tidak bisa lagi mengandalkan sekop. Mereka sekarang membutuhkan penggali yang lebih besar dan bor untuk menggali beton. Maklum saja, mayat-mayat tersebut sengaja dicor di dalam rumah.

Sebenarnya, banyak warga di pinggiran Guadalajara yang kerap mencium bau busuk di area rumah mereka. Namun, mereka seperti tabu melapor ke polisi. Mereka takut akan ancaman dan entah ada penghambat apa yang membuat mereka tak punya kekuatan untuk melaporkan ke polisi.

“Tidak ada yang melaporkan terkait apa yang mereka ketahui,” kata seorang warga La Estancia yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena masalah keamanan seperti dilansir BBC. “Anda bisa merasakan ketakutannya. Itu memang jelas,” imbuhnya.

Rumah yang dijadikan tempat menyembunyikan mayat dan diketahui oleh polisi (BBC)

Sejak pemerintah Meksiko mengerahkan pasukan untuk memerangi kartel narkoba pada 2006, kuburan massal banyak ditemukan dan kemudian dibongkar. Jumlah mayat yang dikubur sangat mengejutkan. Sebuah studi yang dipimpin oleh jurnalis Alejandra Guillen, Mago Torres, dan Marcela Turati menemukan setidaknya 1.978 area pemakaman rahasia telah digali antara 2006 sampai 2016.

Seorang pejabat polisi mengungkapkan kepada BBC. Menurut dia, banyaknya mayat-mayat yang disembunyikan dan dicor di dalam rumah-rumah di Guadalajara merupakan korban dari perang dua kartel narkoba. Perang tersebut melibatkan kartel Jalisco New Generation (CJNG). Oleh pemerintah CJNG dianggap sebagai organisasi kriminal paling kuat di Meksiko. Mereka berperang melawan kartel Nueva Plaza, kelompok saingan yang berpisah dari CJNG pada 2017.

“Dua kartel itu menyewa rumah dari tuan tanah yang tidak tahu untuk digunakan,” beber pejabat polisi tersebut.

“Kami juga mendokumentasikan ketika dua kartel saling menyerang. Mereka menemukan rumah yang tidak berpenghuni dan mengubahnya menjadi rumah penyiksaan atau tempat pemakaman,” imbuhnya.

Pejabat polisi tersebut memperingatkan taktik penguburan di dalam rumah kosong yang dilakukan kartel narkoba bisa menyebar ke kota-kota lain. Maklum saja, para penjahat dari Jalisco, khususnya CJNG, memperkuat cengkeraman mereka di seluruh Meksiko.

Daerah miskin dan populasi sedikit sangat rentan terhadap invasi kartel. Imbasnya, sebuah kompleks perumahan di pinggiran Guadalajara, Chulavista, penduduk setempat menutup pintu rumah yang ditinggalkan untuk mencegah penjahat menangkap mereka.

Jalisco sempat menghebohkan dunia internasional pada September tahun lalu. Saat itu sebuah truk trailer berpendingin sengaja diparkir dan digunakan untuk menampung 273 mayat tak dikenal. Truk trailer tersebut diparkir di pinggiran kota Guadalajara. Usut punya usut, pemerintah memang sengaja menggunakan trailer berpendingin untuk menempat ratusan mayat itu sementara sambil menunggu identifikasi. Truk trailer itu sempt dipindahkan ke sejumlah tempat karena mendapat protes dari warga.

Ratusan mayat tersebut disebut pihak kepolisian merupakan korban kartel narkoba. Mereka adalah anggota kartel dan rakyat biasa yang terbunuh.

Belum lama ini, tepatnya pada Mei lalu, pihak kepolisian Meksiko menemukan 35 mayat yang diduga korban kekerasan antar kartel Narkoba. Mayat-mayat tersebut terkubur di area kota metropolitan Guadalajara.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tim Unesa Berlaga di Kompetisi Robot Penjelajah Udara di Turki - Gudang Berita Viral Tim Unesa Berlaga di Kompetisi Robot Penjelajah Udara di Turki
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Asap Karhutla Picu Hipoksia, Bahaya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah - Gudang Berita Viral Asap Karhutla Picu Hipoksia, Bahaya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ayok ke Bali! Fenomena Tanpa Bayangan Bakal Terjadi Oktober Depan - Gudang Berita Viral Ayok ke Bali! Fenomena Tanpa Bayangan Bakal Terjadi Oktober Depan
Selasa, 17 Sep 2019, 09:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print