Rabu, 20 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 07 Nov 2019, 13:00:11 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Google Kenalkan YouTube Music, Ini Bedanya dengan Spotify - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Google baru saja menghadirkan layanan baru mereka di Indonesia. Dia adalah YouTube Music. Layanan tersebut sekilas mirip dengan layanan musik streaming seperti Spotify.

Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski menerangkan, tidak seperti layanan serupa lainnya, YouTube Music memiliki fitur pencarian yang berjalan di atas platfom mesin pencari Google. “Kami Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari,” ujarnya dalam video conference di kantor Google Indonesia di Jakarta baru-baru ini.



Dengan YouTube music yang telah dilengkapi dengan fitur pencarian seperti Google, hal tersebut memungkinkan penggunanya mencari konten musik lewat kata kunci apa pun di aplikasi tersebut. Cara mencarinya juga mudah. Jika pengguna tidak tahu judul lagu yang mereka maksud, maka mereka bisa mencari berdasarkan lirik lagu tersebut.

Perbedaan YouTube Music (kiri) dan layanan serupa dari Spotify. (Rian Alfianto/gudangberitaviral.com)

Tak hanya mendengarkan musik, pengguna juga bisa menonton video klip lagu yang sedang diputar langsung dari dalam aplikasi YouTube Music. Ada juga fitur Video Hotlist yang bisa pengguna manfaatkan untuk menelusuri lagu apa yang sedang banyak diputar di internet.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Music Content Partnerships, YouTube and Google Play (ANZ and SEA), Ruuben Van Den Heuvel menuturkan, Google memutuskan untuk meluncurkan layanan berbasis musik tersebut ke Tanah Air lantaran industri musik di Indonesia dalam hal ini layanan musik streaming, cukup potensial.

“YouTube Music meluncur (serentak) di tujuh negara lain, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia,” katanya.

Dilanjutkannya, YouTube Music di Indonesia telah menggandeng semua pihak dalam industri musik Tanah Air. Termasuk perusahaan rekaman baik global maupun lokal, seperti Warner, Aquarius, Musika, dan Trinity. YouTube juga mengaku telah bekerja sama dengan Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo) untuk terlibat dalam hal hak cipta.

Berdasarkan pengalaman kami, YouTube Music tak ubahnya layanan YouTube biasa jika user tak berlangganan untuk mode premium. Oleh karenanya, YouTube juga meluncurkan YouTube Music Premium.

Meskipun itu semua bisa dinikmati gratis melalui versi YouTube Music, pengguna tak bisa mendengarkan musik di latar belakang sembari melakukan aktivitas lain dengan smartphone-nya. Jika aplikasi ditutup, musik akan mati. Berbeda dengan Spotify yang walaupun gratis, tetap bisa berjalan saat ponsel dikunci atau melakukan aktivitas lainnya.

Fitur tersebut baru akan terasa saat pengguna berlangganan YouTube Music Premium. YouTube Music menawarkan fitur download offline dan baru bisa menggunakan fitur pemutaran latar belakang serta download offline.

YouTube Music ditawarkan mulai dari Rp 49 ribuan per bulan. Selain itu, YouTube juga menghadirkan YouTube Premium ke Indonesia. YouTube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp 59 ribuan per bulan. Ini mencakup langganan YouTube Music Premium dan menawarkan pengalaman bebas iklan.

Usai mengunduh layanan tersebut, pengguna akan langsung diminta melakukan registrasi dengan menggunakan email. Email yang sudah digunakan pada layanan Google juga bisa langsung digunakan.

Jika sudah, langsung tampil antarmuka pencarian musik sesuai dengan keinginan kamu. Seperti sudah disinggung di atas, jika tak berlangganan premium, kamu hanya bisa menonton dan mendengarkan musik tanpa bisa menggunakan smartphone kamu untuk kebutuhan lainnya atau mengunci smartphone.

Hal tersebut yang membedakan antara YouTube Music dengan layanan serupa Spotify secara spesifik. Sementara Spotify walaupun dalam mode gratis, kamu tetap bisa mendengarkan musik di latar belakang sembari menggunakan ponsel untuk keperluan lainnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Google Kenalkan YouTube Music, Ini Bedanya dengan Spotify

Tag: News



Mitsubishi Tegaskan Tak Akan Jual Mirage Mirip Xpander di Indonesia - Gudang Berita Viral Mitsubishi Tegaskan Tak Akan Jual Mirage Mirip Xpander di Indonesia
Rabu, 20 Nov 2019, 21:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
First Travel Menuai Polemik, Sheza Idris Meminta Jokowi Turun Tangan - Gudang Berita Viral First Travel Menuai Polemik, Sheza Idris Meminta Jokowi Turun Tangan
Rabu, 20 Nov 2019, 21:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Panglima TNI Sudah Setor Nama-Nama Calon Wakilnya ke Istana - Gudang Berita Viral Panglima TNI Sudah Setor Nama-Nama Calon Wakilnya ke Istana
Rabu, 20 Nov 2019, 21:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print