Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 03 Agu 2019, 07:00:02 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Gempa Banten Terasa di Selatan Sumatera Hingga NTB  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Gempa bumi magnitudo 6,9 di Banten turut dirasakan di sejumlah daerah di Indonesia, dari selatan pulau Sumatera, hingga Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dampak gempa bumi berdasarkan alat pencatat BMKG yang dikonfirmasi laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan di daerah Liwa, Tanggamus, Bandar Lampung, Kruwi, Surade Sukabumi, Pandeglang," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Jumat (2/8/2019) malam.

Daerah-daerah tersebut lanjutnya mengalami guncangan dengan skala empat sampai lima MMI.



"Artinya, getaran dirasakan hampir semua penduduk dan barang besar bergoyang," ujarnya.

Guncangan gempa juga dirasakan di Kebumen, Banyumas, Tanjung Sakti-Kabupaten Lahat, Ciputat, Pamulang, Serpong, Kota Tangerang, Cilacap, Bengkulu Selatan, serta Kaur.

"Di daerah tersebut, guncangan gempa dirasakan dengan intensitas skala guncangan III MMI, yang artinya getaran dirasakan banyak orang dan membuat jendela serta pintu berderik," ujar Dwikorita.

Dwikorita menambahkan daerah yang mengalami guncangan gempa dengan intensitas II-III MMI adalah Klaten, Yogyakarta, Serang, Kotabumi, Pasawaran, Sukadana, Karawang, dan Purworejo. Gempa dirasakan banyak orang, seperti ada truk berlalu.

Guncangan gempa dengan skala lebih lemah dirasakan di wilayah Seluma, Bengkulu, Kepahiang, Parung, Bogor Barat, Bandung, Kediri, Karang Kates, Buleleng, Lombok Barat, Mataram, dan Sumbawa Barat dengan intensitas guncangan skala II MMI.

"Artinya getaran gempa dirasakan beberapa orang dan benda ringan bergoyang," tandasnya.

Sebelumnya BMKG menyatakan gempa dengan magnitudo 6.9 itu berpotensi tsunami pada pukul 19.35 WIB. Dan pada pukul 21.35 WIB status tsunami diakhiri oleh BMKG. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dengan pusat gempa berada di 147 km arah barat daya Sumur, Banten. [fad]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Kepala Suku di Papua Turun Tangan Atasi Kerusuhan Manokwari - Gudang Berita Viral Kepala Suku di Papua Turun Tangan Atasi Kerusuhan Manokwari
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Sejak 2018-2019, Polres Jakbar Bongkar 4 Pabrik Rumahan Narkoba - Gudang Berita Viral Sejak 2018-2019, Polres Jakbar Bongkar 4 Pabrik Rumahan Narkoba
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Preview Wolverhampton vs Man United: Waspadai Penyerang Cepat Wolves! - Gudang Berita Viral Preview Wolverhampton vs Man United: Waspadai Penyerang Cepat Wolves!
Senin, 19 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print