Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 22:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Gempa 7,4 SR, BMKG Sebut 5 Wilayah Ini Berpotensi Tsunami - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan titik gempa 7,4 skala richter di Banten berpusat di Samudera Hindia. Episenter terletak pada koordinat 7.54 Lintang Selatan dan 104.58 Bujur Timur tepatnya di laut pada kedalaman 10 kilometer. Gempa ini berpotensi tsunami.

Wilayah yang berpotensi dilanda tsunami yakni Pandeglang Bagian Selatan, Pandeglang Pulau Panaitan dan Lampung-Barat Pesisir-Selatan. Ketiganya kini sudah ditetapkan dengan status ancaman siaga. Diprediksi ketinggian gelombang air maksimal 3,0 meter.



“Pandeglang Bagian Utara dan Lebak dengan status ancaman waspada ketinggian maksimal 0,5 meter,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/8).

BMKG mengimbau kepada masyarakat di wilayah dengan status ancaman siaga untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. Untuk mengantisipasi datangnya gelombang air.

“Kepada masyarakat di wilayah dengan status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” pungkas Rahmat.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter (SR) yang terjadi sekitar pukul 19.03 WIB berpusat di Samudera Hindia Selatan. Pusat gempa tersebut terjadi di tengah laut dengan 10 kilometer.

“Hasil analisis menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan 7,4 SR. Episenter terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya, Jumat (2/8).

Rahmat menyampaikan, gempa 7,4 SR tersebut berpotensi tsunami dengan peringatan dini untuk wilayah bagian Pandeglang Bagian Selatan dan Pandeglang Pulau Panaitan. Dengan status ancaman siaga dengan perkiraan ketinggian maksimal 3 meter.

“Sedangkan, Pandeglang Bagian Utara dan Lebak status ancaman waspada dengan ketinggian maksimal 0,5 meter,” ucap Rahmat.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour - Gudang Berita Viral Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M - Gudang Berita Viral Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi - Gudang Berita Viral Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print