Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 03 Agu 2019, 07:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Gempa 6,9 SR di Banten Bukan Karena Aktivitas Gunung Anak Krakatau - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan tidak ada gejala dari aktivitas Gunung Anak Krakatau terkait gempa bumi bermagnitudo 6,9 skala richter (SR). Sebab, Gunung Anak Krakatau berada jauh dari pusat gempa.

“Tidak ada gejala itu (Gunung Anak Krakatau) tidak terekam, cukup jauh ratusan kilometer. Lebih dari 100 km, sekitar 200 km,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Jumat (2/8) malam.



Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menuturkan, gempa bumi berkekuatan 6,9 SR itu terletak di bawah permukaan laut Samudera Hindia. Gempa itu terjadi karena adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia.

“Tidak (ada potensi vulkanik), khusus gempa ini tidak ada indikasi ke sana. Didekatnya tidak ada gunung api,” ucap Dwikorita.

Kendati sempat adanya peringatan dini tsunami terhadap lima wilayah yakni Pandeglang Bagian Selatan, Pandeglang Pulau Panaitan, Lampung-Barat Pesisir-Selatan, Pandeglang Bagian Utara, dan Lebak, potensi tsunami terhadap lima wilayah itu sudah diakhiri.

“Potensi ancaman tsunami diakhiri, artinya warga sudah boleh kembali, jangan di dataran tinggi terus selama rumahnya masih kokoh atau utuh, jangan panik, kita harus terbiasa. Saat terjadi panik, karena saat terjadi enggak berhenti-henti,” imbuhnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print