Senin, 21 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 08 Okt 2019, 17:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Gara-gara BPJS, RS: Kalau Kepepet Sekali Baru Pinjam Bank - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta ancang-ancang mencari dana talangan dari perbankan guna membiayai operasional apabila tunggakan klaim BPJS Kesehatan tidak kunjung dilunasi. Direktur Utama RSUD Koja Jakarta Utara, Ida B Nyoman Banjar menuturkan, apabila cash flow rumah sakit terganggu, maka pihaknya terpaksa akan memakai dana talangan bank yang bisa diperoleh melalui skema supply chain financing (SCF).

“Iya kalau kepepet sekali, itu (dana talangan) akan digunakan. Cash flow keuangan terganggu, buat bayar obat dan operasional, pasti kami gunakan,” ungkap Banjar kepada gudangberitaviral.com, Selasa (8/10).



Banjar mengatakan RSUD Koja ajukan dana talangan standby loan ke Bank DKI kurang lebih Rp 20 miliar. Meski demikian, ia berharap BPJS Kesehatan secepatnya melunasi tunggakan klaim sebesar Rp 65 miliar.

“Dana siap dari Bank DKI sekitar Rp 20 miliar, kemarin kami mengajukan. Semua persyaratan bank kami penuhi, misalnya berita acara verifikasi yang dikeluarkan oleh BPJS, itu dijadikan sebagai agunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Tarakan Jakarta Pusat, Dian Ekowati mengatakan belum ada rencana menggunakan fasilitas perbankan tersebut dalam waktu dekat ini. Jumlah tunggakan BPJS Kesehatan untuk bulan Agustus yang belum dibayar sebesar Rp 25 miliar.

“Kami masih ada uang tunai untuk operasional. Belum akan pakai itu dalam waktu dekat ini,” ujar Dian saat dihubungi wartawan.

Sejauh ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mengontrol rumah sakit yang operasionalnya terganggu karena terhambatnya pembayaran klaim BPJS Kesehatan. Pemerintah menegaskan ketersediaan obat, alat, dan tenaga kesehatan harus tetap sesuai standar yang ditetapkan.

“Sekarang ada SCF, agar pelayanan kesehatan tidak terganggu. Tapi ini pun bukan solusi permanen,” kata Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kemenkes, Kalsum Komaryani.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Soal Aturan Validasi IMEI, Kominfo Sebut Tak akan Beratkan Operator - Gudang Berita Viral Soal Aturan Validasi IMEI, Kominfo Sebut Tak akan Beratkan Operator
Senin, 21 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pusako Kritik Pidato Jokowi, Dinilai Abai Soal Negara Hukum - Gudang Berita Viral Pusako Kritik Pidato Jokowi, Dinilai Abai Soal Negara Hukum
Senin, 21 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Waspadalah, Korea Selatan Mulai Bangkit! - Gudang Berita Viral Waspadalah, Korea Selatan Mulai Bangkit!
Senin, 21 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print