Senin, 26 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 15:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Ganjil Genap Diperluas, Anies Minta Warga Beralih ke Kendaraan Listrik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada seluruh warganya agar segera menyiapkan diri beralih menggunakan kendaraan berbasis listrik. Sebab, dengan adanya perluasan ganjil genap (gage) di ruas jalan ibukota, akan menghambat mobilitas warga yang tetap memaksa menggunakan kendaraan pribadi.

Selain kendaraan listrik, Anies juga meminta warga DKI beralih ke transportasi umum. Hal ini untuk menekan polusi udara. Kendaraan berbasis listrik dan transportasi umum merupakan dua jenis kendaraan yang tidak terkena kebijakan gage.



“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar gunakan kendaraan umum dan juga bersiap-siap untuk menggunakan kendaraan berbasis listrik,” ujar Anies di Holten Sultan, Jakarta, Kamis (8/8).

Adanya Perpres mobil listrik yang sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dianggap Anies sebagai landasan industri kendaraan listrik harus segera dikembangkan. Negara-negara maju juga telah melakukan hal serupa.

Untuk itu, Anies juga akan berkordinasi dengan pihak perbankan untuk membicarakan sistem pembiayaan pembelian kendaraan listrik. Dengan begitu, industri kendaraan listrik bisa terjangkau.

“Jadi siap-siap bagi seluruh masyarakat dan saya berharap pada dunia perbankan untuk menyiapkan mekanisme pembiayaan agar masyarakat bisa membeli kendaraan berbasis listrik dengan harga yang terjangkau,” terangnya.

Atas dasar itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini akan segera menyusun regulasi untuk kendaraan listrik, baik dari aspek industrinya, maupun konsumen. “Nanti kalau udah lengkap saya umumkan,” pungkas Anies.

Ilustrasi perluasan ganjil genap. (Koko Praba/ gudangberitaviral.com)

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas) memutuskan melakukan perluasan ganjil genap (gage) terhadap 16 ruas jalan di Ibukota yang dibagi dalam 4 koridor. Total ruas jalan yang kenakan gage adalah 25, mengingat sebelumnya sudah ada 9 ruas jalan yang diterapkan. Hal ini seiring degan diterbitkannya Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara di Jakarta.

Perluasan gage ini meliputi, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan
simpang Jalan TB Simatupang).

Selanjutnya, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, dan Jalan Gunung Sahari (sampai simpang Jalan RE Martadinata).

Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan tetap diberlakukan 2 waktu. Yakni pagi pukul 06.00-10.00. Sedangkan untuk yang sore ditambah durasinya dari pukul 16.00-21.00. Lebih lama 1 jam dari sebelumnya.

Pemprov juga menghapus kebijakan pengecualian terhadap on off ramp tol. Jika sebelumnya kendaraan dari luar area gage yang hendak masuk jalan tol atau dari jalan tol yang keluar ke jalan arteri gage mendapat pengecualian, kali ini aturan itu tidak berlaku.

Kebijakan perluasan gage ini akan disosialisasikan kepada warga mulai hari ini sampai 8 September mendatang. Sedangkan untuk uji coba pelaksanaannya mulai 12 Agustus hingga 6 September. Memasuki 9 September sudah diberlakukan penindakan bagi yang melanggar.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau  - Gudang Berita Viral Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang  - Gudang Berita Viral Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi'ah
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print