Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 28 Sep 2019, 20:00:06 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
First Jobber, Kelola Keuangan Anda dengan Cara Ini - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ingin beli ini dan itu saat mendapatkan gaji pertama sangat wajar dialami oleh para first jobber. Keinginan untuk menghamburkan uang hasil keringat sendiri pun hampir tak bisa dibendung lagi. Tapi, sebaiknya tahan diri. Berbahagia menerima gaji tentu boleh dirayakan, tapi ada aturannya. Jangan sampai Anda terjebak menjadi kaum yang selalu pusing tujuh keliling pada pertengahan bulan karena terlalu boros.

Pahamilah bahwa gaji yang Anda terima sebaiknya tidak dihabiskan semua pada bulan ini. Pastikan Anda sudah mulai mengarahkan setiap pos pengeluaran dengan baik, supaya biaya untuk kehidupan sehari-hari tercukupi dan bisa memiliki tabungan untuk masa depan. Dengan kata lain, Anda harus sudah mengelola keuangan sejak awal menerima gaji pertama. Bagaimana caranya?



Tentukan Skala Prioritas
Hal utama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan keuangan bulanan. Mulailah dengan menentukan besaran dana untuk memenuhi kebutuhan rutin, seperti biaya makan, transportasi, serta tagihan yang harus dibayar. Setelah semua skala prioritas ini terpenuhi, Anda pun bisa mengalokasikan dana yang tersisa untuk kebutuhan lain. Tapi, tetap harus digunakan dengan bijak.

Terapkan Sistem 50-30-20
Para perencana keuangan umumnya merekomendasikan sistem 50-30-20 untuk mengelola gaji. Sistem tersebut akan memudahkan Anda untuk membagi pendapatan bulanan ke dalam beberapa pos. Misalnya, 50% dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan harian, 30% investasi atau tabungan, 20% guna memenuhi keinginan pribadi. Dengan adanya pembagian ini, pengeluaran akan lebih terarah dan Anda akan menjadi lebih realistis dalam menggunakan gaji yang didapatkan.

Jangan Tunda Membayar Utang
Anda sempat meminjam uang kepada teman atau saudara? Pastikan kamu menjadikan pembayarannya sebagai prioritas, agar utang tidak semakin menumpuk nantinya. Hal ini penting karena first jobber seringkali kesulitan menyisihkan dana untuk berinvestasi atau menabung akibat terlilit utang. Apalagi, kalau Anda pengguna kartu kredit, bayarlah tagihan tepat waktu. Denda yang dikenakan kartu kredit karena telat membayar tidak sedikit, lho. Anda tidak mau gaji yang dimiliki habis hanya untuk membayar utang?

Berani Menabung dan Berinvestasi
Menurut penelitian, sekitar 4 dari 10 generasi masa kini malas menabung apalagi berinvestasi. Padahal, hal ini penting dilakukan agar kamu dapat sejahtera di masa depan, mengingat harga terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak harus dengan angka yang besar kok, Anda bisa mulai menabung sedikit demi sedikit, agar menjadi kebiasaan saja dulu. Kabar baiknya, dilansir dari Treasury.id, saat ini banyak juga pilihan aplikasi daring yang menawarkan simpanan emas dengan jumlah mikro (sangat kecil). Nah, ini bisa menjadi pilihan bagi para first jobber untuk mulai menabung emas, karena seperti diketahui, emas memiliki nilai yang cenderung naik dalam jangka panjang.

Lima Persen untuk Kesehatan
Apakah Anda termasuk yang seringkali mengabaikan tawaran dari asuransi kesehatan, karena merasa sehat sehingga tidak membutuhkannya? Perlu diketahui, tujuan asuransi tidak hanya itu saja, lho. Asuransi yang ditawarkan biasanya dapat digunakan juga untuk pengecekan kesehatan dan premarital medical check-up. Jadi, tidak ada salahnya kok menyisihkan setidaknya 5% dari gaji Anda untuk dana kesehatan. Namun, sebelum memilih asuransi kesehatan yang akan diikuti, pastikan Anda memahami betul aturan dan seluk-beluk asuransi tersebut.

Utang Bank Cukup 30%
Tidak salah kok kalau sejak awal bekerja, Anda sudah memimpikan untuk memiliki rumah atau mobil. Kedua hal ini, bisa saja Anda miliki dengan mengajukan pinjaman ke bank. Jika kondisi keuangan memungkinkan dan Anda sudah siap dengan segala risikonya, silakan ajukan pinjaman ke bank. Namun, pastikan besarnya pinjaman Anda tidak lebih dari 30% dari gaji yang diterima, lho. Jadi, kalau gaji Anda Rp 8.000.000, angsuran bank maksimal ke bank adalah Rp 2.400.000.

Bijak menggunakan Smartphone
Saat ini, first jobber kebanyakan berasal dari generasi millenial yang tumbuh dan berkembang dengan dikelilingi teknologi. Beragam aplikasi dan fitur smartphone yang ditawarkan tidak jarang membuat Anda tergoda untuk memilikinya. Tanpa disadari, uang Anda pun terkikis karena terus berlangganan aplikasi. Tidak selesai sampai di sana, smartphone yang terus mengeluarkan seri terbaru pun seringkali menggoda Anda untuk segera memilikinya. Akibatnya, Anda terjebak keinginan untuk terus berganti smartphone dan hal ini tentu akan memengaruhi keuangan Anda. Tahan diri Anda! Berusahalah mengganti smartphone jika memang ponsel yang kamu miliki rusak.

Sisihkan Dana untuk Traveling
Mengelola keuangan dengan baik bukan berarti harus berhenti bersenang-senang. Anda sangat berhak menggunakan gaji Anda untuk traveling guna melepas stres dan lelah karena bekerja. Namun, pastikan Anda menggunakan dana traveling sesuai dengan dana yang dimiliki. Dana traveling setidaknya adalah 10% dari gaji yang didapatkan. Anda bisa membuatkan tabungan khusus untuk dana traveling ini. Jika sudah terasa tercukupi, Anda pun bisa berkelana ke tempat yang diimpikan.

Catat Pengeluaran Bulanan
Kalau bukan Anda, siapa lagi yang mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan? Sebagai first jobber, Anda wajib banget melakukan pencatatan ini, agar benar-benar paham dengan pengeluaran yang dilakukan. Anda bisa menggunakan buku atau smartphone untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi. Jadi, Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan baik. Catatan ini juga akan membantu Anda untuk merencanakan keuangan di periode berikutnya dan bersikap lebih bijak dalam menggunakan uang.

Tidak sulit bukan mengelola keuangan sebagai first jobber? Kuncinya adalah disiplin dan bijak dalam menggunakan dana yang dimiliki. Semoga dengan menerapkan hal ini, Anda bisa hidup dengan bahagia dan sejahtera di masa depan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen - Gudang Berita Viral Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua - Gudang Berita Viral Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit - Gudang Berita Viral 519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print