Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 11 Sep 2019, 00:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Festival Konstitusi dan Antikorupsi Dibuka, Stan MPR Jadi Favorit - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Festival Konstitusi dan Antikorupsi di Gedung Pertemuan Graha Sabha Permana Kampus Univeritas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, resmi dibuka. Acara itu dibuka oleh tiga pejabat tinggi dari tiga lembaga.

Ketiganya yakni, Rektor Univeritas Gajah Mada (UGM) Profesor Panut Mulyono, Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono dan Sekjen Mahkamah Konstitusi (MK) Profesor Guntur Hamzah, mereka secara bersama-sama menggunting pita sebagai pertanda dibukanya festival itu untuk umum.



Ketiganya kemudian langsung meninjau stan Pameran Perpustakaan Kementerian dan Lembaga Negara yang berkaitan dengan Antikorupsi. Mereka lalu membaca isi pesan-pesan pengunjung yang ditulis pada secarik kertas yang tempel di atas kertas kartun yang diberi nama Pohon Harapan.

Setelah stan KPK, selanjutnya mereka menuju stan MPR yang letaknya berdampingan dengan stan lembaga antirasuah tersebut. Di sini, ketiganya diterima oleh Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah bersama para stafnya. Lalu dilanjutkan dengan foto bersama dengan latar belakang backdrop MPR Pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat.

Selain pameran, festival yang berlangsung dua hari itu (10-11 September) juga diisi dengan acara talkshow Konstitusi dan Anti Korupsi. Salah satunya, Diskusi Panel membahas Evaluasi Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945, penandatangan Deklarasi Anti Korupsi 2019.

Pantauan di lapangan, tampak stan MPR paling dikunjungi para pengunjung yang mayoritas adalah mahasiswa. Bahkan sebelum pameran dibuka secara resmi sudah diserbu oleh pengunjung.

Di stan MPR, selain membagikan buku-buku Empat Pilar dan juga buku Komik Empat Pilar, juga dibagi-bagikan majalah Majelis. Bahkan, stan MPR juga membuka kuis untuk para pengunjung. Caranya, pengunjung diberi pertanyaan seputar Empat Pilar, dan bagi yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan diberikan hadiah berupa merchandise yang menarik.

Kabiro yang akrab disapa Titi itu menuturkan, salah satu pameran ini digelar agar generasi muda dan mahasiswa khususnya mengetahui informasi tentang lembaga negara MPR.

“Apa pun yang dikerjakan oleh MPR tak lepas dari tugas dan kewenangannya sebagaimana diatur oleh Undang Undang Dasar,” jelas Siti Fauziah di tengah kesibukannya menjawab pertanyaan pengunjung pameran.

Salah satu pengunjung pameran Gubriel Vebry Leonardo mengatakan, stan MPR memang cukup menarik, dihiasi dengan banyak buku-buku. Meski dekorasinya minimalis tapi cukup menunjukkan MPR itu lembaga yang sangat penting, dan memiliki peran penting pula untuk konstitusi Indonesia.

“Kita jadi pahama seperti apa posisi-posisi lembaga tinggi negara,” ujar mahasiswa Fakultas Hukum UGM 2019.

Salah satu bahan pameran yang paling menarik, menurut putera kelahiran Banyumas, Jawa Tengah, ini adalah buku komik. Meski dia mengaku tak sempat membaca keseluruhan isi buku komik tersebut, tapi dari desain luarnya cukup menarik.

“Ini menarik, grafisnya lucu dan cukup komunikatif,” paparnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai - Gudang Berita Viral Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Penjaga Nafsu Kita  - Gudang Berita Viral Lima Penjaga Nafsu Kita
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit  - Gudang Berita Viral Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print