Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 30 Okt 2019, 14:00:13 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Eri Cahyadi Ajak Santri Kenang Peran Bung Karno dan Mbah Hasyim - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Peringatan Resolusi Jihad yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 diperingati dengan Malam Tirakat di Tugu Pahlawan, Selasa (29/10). Acara yang juga dihadiri Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) KH Marzuki Mustamar, Gus Reza Lirboyo, Gus Muwafiq Yogyakarta, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi itu dihadiri ratusan santri dari berbagai daerah.

Eri menyampaikan peran santri dan Nahdlatul Ulama (NU) dalam kemerdekaan Indonesia. Ucapan itu langsung disambut meriah oleh para santri yang hadir. Di antaranya dari Majelis Attaufiq Madura sampai Majelis Syubbanul Muslimin Paiton.



“Bahkan Bung Karno saat menentukan kemerdekaan, sempat bertanya pada KH Haji Hasyim Asyari. Yang akhirnya proklamasi kemerdekaan dikumandangkan pada Ramadan 1945,” ujar Eri.

Sejarah menunjukkan, para penjajah tak lekas menyerah mengobrak-abrik kedaulatan bangsa. Menurut Eri, Resolusi Jihad-lah salah satu momentum penting dari para santri Jawa Timur yang berperan mengusir penjajah pasca kemerdekaan.

Eri Cahyadi (tengah) saat menghadiri malam tirakat peringatan Resolusi Jihad di Tugu Pahlawan, Selasa (29/10). (Istimewa)

“Sampai saat ini, Surabaya jadi hebat karena didukung para kyai, para santri. Perjuangannya, semangatnya, dimulai dari Resolusi Jihad. Semoga Surabaya bisa terus maju, aman, makmur. Maka dari itu, Pemkot akan tetap tawaduk pada para ulama,” tambah Eri.

Eri menegaskan, Pemkot akan terus menjadi bagian dari para santri, dan mendukung penuh acara-acara yang digelar NU dan santri.

“Kami berharap semua santri ahlus sunnah wal jamaah, juga mendukung kemajuan Kota Surabaya,” ujar Eri lantang.

“Seperti semangat NU, yang tak henti-henti selalu berujar: NKRI Harga Mati!” ujarnya lantas diikuti pekik puluhan ribu orang yang mendatangi Tugu Pahlawan sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera hijau NU.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Eri Cahyadi Ajak Santri Kenang Peran Bung Karno dan Mbah Hasyim

Tag: News



Ganggu Peziarah, Puluhan PKL di Ampel Ditertibkan - Gudang Berita Viral Ganggu Peziarah, Puluhan PKL di Ampel Ditertibkan
Minggu, 17 Nov 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Setelah Perakit Bom Tewas Ditembak, Polisi Tangkap Dua Lagi di Jermal - Gudang Berita Viral Setelah Perakit Bom Tewas Ditembak, Polisi Tangkap Dua Lagi di Jermal
Minggu, 17 Nov 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPRD Mulai Bahas Perubahan Nama Jalan di Surabaya - Gudang Berita Viral DPRD Mulai Bahas Perubahan Nama Jalan di Surabaya
Minggu, 17 Nov 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print