Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 27 Sep 2019, 23:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Era Industri 4.0, Literasi Digital Syarat Mutlak Para Pencari Kerja - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Bagi para pencari kerja, tentu ada syarat khusus yang harus di penuhi. Di era Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini, literasi digital dan melek teknologi disebut menjadi syarat mutlak bagi para pencari kerja.

Dari perspektif penyedia informasi lowongan kerja, Customer Care Manager JobStreet, Riza Herlambang mengungkapkan bahwa seiring perkembangan industri digital di Indonesia, terdapat peningkatan kebutuhan pencari kerja yang melek teknologi. Tentunya didominasi oleh perusahaan rintisan atau start-up.



“Posisi yang semakin spesifik yang dibutuhkan berbagai perusahaan mengharuskan para pencari kerja untuk terus meningkatkan kemampuan dan daya saingnya,” ujar Riza di Jakarta, Jumat (27/9) malam WIB.

Riza menambahkan, di era Industri 4.0 ini dirinya yang terbiasa berurusan dengan departemen sumber daya manusia atau HRD perusahaan-perusahaan menyebut, hard skill di bidang teknologi sangat dibutuhkan. “Kami melihat pentingnya peningkatan hard skill, terutama di berbagai bidang teknologi, agar pencari kerja dapat beradaptasi dengan kebutuhan masing-masing perusahaan yang saat ini banyak melibatkan teknologi,” imbuhnya.

Sementara dari sisi soft skill, yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana cara merealisasikan ide-ide yang inovatif untuk memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat. “Generasi Z memiliki keuntungan terlahir sudah akrab dengan internet dan ekosistemnya. Tapi itu saja nggak cukup, kompetensinya di bidang teknologi juga harus seimbang,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, permasalahan literasi digital atau skill di bidang teknologi juga dirasakan oleh Aruna yang bergerak di bidang star-tup teknologi perikanan. CEO Aruna Farid Aslam mengungkapkan bahwa tantangan terbesar yang dihadapi perusahaannya adalah minimnya literasi digital bagi para nelayan.

“Banyak nelayan, terutama yang berada di luar Pulau Jawa, masih menghadapi tantangan, salah satunya dalam memahami teknologi. Jadi, kami percaya bahwa SDM yang mumpuni di bidang teknologi akan membantu meningkatkan literasi digital para nelayan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik,” jelas Farid.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Pertumbuhan Ekonomi, Lapangan Banteng Optimis 5,1%  - Gudang Berita Viral Pertumbuhan Ekonomi, Lapangan Banteng Optimis 5,1%
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kekalahan yang Menyakitkan untuk Persija  - Gudang Berita Viral Kekalahan yang Menyakitkan untuk Persija
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Alasan Man United Urungkan Niat Rekrut Neymar  - Gudang Berita Viral Alasan Man United Urungkan Niat Rekrut Neymar
Kamis, 17 Okt 2019, 04:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print