Senin, 18 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 01 Nov 2019, 21:00:10 WIB, 10 View Tim Redaksi, Kategori : News
Empat Penyuap Bupati Bengkayang Segera Duduk di Kursi Pesakitan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyelesaikan berkas perkara tahap dua terhadap empat tersangka penyuap Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Rabu (23/10). Empat tersangka tersebut diantaranya Rodi, Yosef, Nelly Margaretha, dan Bun Si Fat. Mereka merupakan tersangka dari unsur swasta yang segera duduk di kursi terdakwa.

“Penyidikan untuk empat tersangka telah selesai,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (1/11).



Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menyebut, perkara yang dilimpahkan terkait kasus suap proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat tahun 2019. “Rencana sidang akan dilakukan di Pontianak,” ucap Febri.

Febri menyampaikan, KPK sudah melakukan pemeriksaan terhadap 100 orang saksi. Beberapa di antaranya adalah Wakil Bupati Bengkayang, Sekretaris Daerah Bengkayang, Kepala BPKAD Bengkayang, Sekretaris pada Dinas PU Bengkayang, seorang kepala sekolah, seorang wiraswastawan, dan seorang ibu rumah tangga.

Dalam kasus ini, diketahui KPK telah menetapkan tujuh orang sebagai tersangka. Selain Suryadman Gidot, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkayang Aleksius turut ditetapkan tersangka oleh lembaga antirasuah pada Rabu (4/9) lalu.

Selain itu, lima orang lain dari pihak swasta juga ditetapkan sebagai tersangka, yakni Rodi, Yosef, Nelly Margaretha, Bun Si Fat, dan Pandus. Mereka disinyalir menjadi pihak yang memberikan suap Suryadman.

Gidot diduga kuat telah melakukan praktik lancung seperti meminta uang kepada kedua anak buahnya yakni Kadis PUPR Kabupaten Bengkayang, Aleksius dan Agustinus Yan selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang pada Jumat (30/8). Hal itu didasari lantaran Gidot pernah memberikan penunjukan anggaran langsung tambahan APBD-Perubahan 2019 kepada Dinas PUPR sebesar Rp 7,5 miliar dan Dinas Pendidikan sebesar Rp 6 miliar.

Atas permintaan itu, Aleksius langsung menghubungi beberapa pihak rekanan untuk menawarkan proyek pekerjaan penunjukan langsung pada Minggu (1/9).

Beberapa rekanan setuju dengan syarat yang diberikan Aleksius yakni dapat memenuhi syarat setoran awal. Uang setoran awal itu digunakan untuk menuhi permintaan Suryadman.

Diduga, satu paket pekerjaan penunjukan langsung dimintakan setoran sebesar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta, atau sekitar 10 persen dari nilai maksimal pekerjaan penunjukan proyek langsung yakni sebesar Rp 200 juta.

Aleksius menerima setoran tunai dari sejumlah rekanan pada Senin (2/9). Setidaknya terdapat lima rekanan yang telah menyetorkan uang secara tunai kepada Aleksius.

Di antaranya Bun Si Fat sebesar Rp 120 juta; Pandus, Yosef, dan Rodi sebesar Rp 160 juta; serta dari Nelly Margaretha sebesar Rp 60 juta. Jika di total uang yang diterima Aleksius sebesar Rp 340 juta.

Sebagai pihak yang diduga pemberi, Rodi, Yosef, Nelly, Bun Si Fat, dan Pandus disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sedangkan sebagai pihak yang diduga penerima, Suryadman dan Alexius dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Empat Penyuap Bupati Bengkayang Segera Duduk di Kursi Pesakitan

Tag: News



 Pagi Ini, Jakarta Diprakirakan Cerah Berawan  - Gudang Berita Viral Pagi Ini, Jakarta Diprakirakan Cerah Berawan
Senin, 18 Nov 2019, 06:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PT Mega Manunggal Properti Buy Back 9% Saham  - Gudang Berita Viral PT Mega Manunggal Properti Buy Back 9% Saham
Senin, 18 Nov 2019, 06:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kerja Sama, UC-Huawei Berdayakan Ekosistem Digital  - Gudang Berita Viral Kerja Sama, UC-Huawei Berdayakan Ekosistem Digital
Senin, 18 Nov 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print