Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 29 Agu 2019, 02:00:02 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Emil Sebut Jokowi Senang Diberi Masukan Ibu Kota  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait desain bangunan ibu kota baru yang dipindah ke Kalimantan Timur.

Menurutnya, Kepala Negara sangat senang mendapatkan masukan yang diterima dari mantan wali kota Bandung ini.

"Beliau sangat senang mendapatkan input, jadi semua orang berkepentingan. Saya datang sebagai anak bangsa, bukan sebagai gubernur dalam konteks itu," ujar Emil di Kompleks Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).



Emil mengharapkan agar cita-cita yang luar biasa ini berhasil untuk membangun ibu kota baru, seperti negara-negara dunia yakni Brasil yang sempat dicap ibu kota tidak berhasil oleh Harvard.

"Saya mengingatkan saja agar kita merencana jauh lebih matang dan lebih baik. Masukan dari masyarakat juga diterima," ujarnya.

Sebelumnya, Emil memberi masukan kepada Presiden Jokowi mengenai kalkulasi luas yng harus dikaji ulang jangan sampai nanti menghasilkan kota yang terlalu luas dan orientasinya untuk kendaraan roda empat. Karena, masa depan kota futuristik itu kota yang jalan kaki.

"Kantor, rumah, sekolah harus berdekatan, jalan kaki. Kalau kepepet baru public transport, terakhir baru mobil. Jangan dibalik, jangan mendesain ibu kota baru yang mayoritas untuk mobil, untuk bangunan, tapi kemanusiaan, humaniatiknya tidak maksimal," ujarnya.

Emil mencontohkan teori yang diterapkan Washington DC selitar 17.000 hektar, kemudian maksumal 30.000 hektar. Maka dari itu, Emil menyarankan tidak perlu mencapai ratusan ribu hektar.

"Enggak usah 180.000 hektar, itu 30 berbanding 180. Saya belum lihat detail, itu kan asumsi," tandasnya.

Menurutmya, dari seluruh ibu kota yang dipindah dalam sejarah perkotaandan yang terbaik itu Washington DC. Sebab, orang bisa jalan kaki dan perkantoran juga jam 17.00 sudah tutup tapi masih ramai.

"Jangan sampai kejadian dengan ibu kota baru lain, malam hari sepi. Karena apa? Tidak ada tempat retail, orang juga rumahnya jauh-jauh. Hidup di kota bukan hanya urusan kerja, tetapi percampuran kegiatan kemanusiaan harus ada," tandasnya.




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium  - Gudang Berita Viral Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter  - Gudang Berita Viral 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Mane dan Salah Sudah Baikan  - Gudang Berita Viral Mane dan Salah Sudah Baikan
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print