Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 31 Agu 2019, 22:00:03 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Life Style
 Elga Naldy Boyong Songket Koto Gadang ke Moskow  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Jakarta - Desainer Elga Naldy bersiap mengenalkan keragaman budaya dan kain khas Indonesia ke mancanegara di ajang Collection Premiere Moscow (CPM) Internasional Fashion Trade Show di Rusia.

Dalam pameran busana yang digelar pada 3 - 6 September 2019 itu, Elga akan memboyong Songket Koto Gadang. Ega hadir di ajang tersebut bersama sejumlah desainer yang dipercaya mewakili Indonesia.

"Senang diberi kesempatan untuk menunjukan warisan budaya Indonesia salah satunya Songket Koto Gadang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Saya ingin mengenalkan pada dunia, apa yang dimiliki leluhur saya," ungkap Elga di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, (30/8/2019).



Elga bercerita, saat melakukan riset untuk busana khas Minang Kabau, ia mendapat tawaran dari seorang sahabatnya Wawan Soeharto. Ajakan ini langsung disambut Elga karena merupakan kesempatan emas untuk berkiprah ke Rusia dan sekitarnya.

Tanpa membuang waktu lagi, Elga langsung menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan pameran tersebut. Meski saat itu Elga yang sudah berkiprah di dunia fashion Hong Kong, India dan Singapura tengah sibuk menyiapkan show untuk Jakarta Fashion Food Festival 2019 dan juga menyiapkan busana-busana untuk Konser Nicky Astria.

Elga pun langsung memikirkan bagaimana caranya mengaplikasikan kain songket menjadi pakaian yang casual dan bisa dipakai untuk sehari-sehari.

"Kain songket kan di Minang, digunakan untuk acara-acara tertentu saja. Kebanyakan yang mengenakan songket ini kan hanya beberapa jam saja. Karena fisiknya memang kaku, terasa berat karena dibuat dari benang emas," demikian Elga.

Uniknya, Elga kali ini memadukan teknologi modern yang dipakai orang India dengan Songket Koto Gadang.

"Saya kan bolak balik ke India membuka usaha tekstil di sana. Lalu saya tawarkan bisa enggak orang sana buat seperti Songket Koto Gadang dengan teknologi yang ada. Ternyata mereka bisa menghasilkan kain mirip songket yang bisa dipakai untuk sehari-hari," ujarnya.

Meski melakukan perpaduan teknologi, Elga tidak menghilangkan pakem dari Songket Koto Gadang. Warna yang dipilih pun lebih ke warna alam, seperti, hijau, hitam, coklat, putih dan oranye.

Elga mengklaim, kekuatan disain Elga kali ini bermain dengan bordiran, kain-kain etnik khas Indonesia seperti kain songket Padang. Kain-kain tersebut disulap menjadi busana yang casual, dan sangat cocok utk dipakai sehari-hari. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Data AS Gagal Hijaukan Indeks Dow Jones  - Gudang Berita Viral Data AS Gagal Hijaukan Indeks Dow Jones
Jumat, 20 Sep 2019, 06:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pemprov Jabar Jamin Wisata Air tak Tabrak Aturan  - Gudang Berita Viral Pemprov Jabar Jamin Wisata Air tak Tabrak Aturan
Jumat, 20 Sep 2019, 06:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Indonesia Diminta Tak Jemawa Hadapi Brunei  - Gudang Berita Viral Indonesia Diminta Tak Jemawa Hadapi Brunei
Jumat, 20 Sep 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print