Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 17:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Ekonomi Kreatif Jadi Tumpuan Kemajuan Kota - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Indonesia membutuhkan kota-kota kreatif untuk masa depan. Perkembangan dunia digital akan sejalan dengan kreativitas. Untuk itu pemerintah kota harus menyiapkan langkah strategis untuk itu.

“(Kehadiran) kota kreatif merupakan keniscayaan (bagi masa depan Indonesia),” kata Ketua Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany di Grand Dafam Hotel Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu (4/9).



Airin Rachmi Diany yang juga wali kota Tangerang Selatan itu didaulat sebagai salah satu pembicara dalam diskusi panel di acara Creative Cities Conference (CCC) 2019 yang berlangsung Ternate, Malut, Rabu (4/9) hingga Kamis (5/9).

CCC 2019 digelar oleh Indonesia Creatif Cities Network (ICCN) yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif, Pemkot Ternate, dan Jaringan Komunitas Ternate (Jarkot). Kegiatan itu meliputi konferensi, pameran, wisata, dan pertunjukan seni budaya.

Pada diskusi panel itu, Airin tampil bersama Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. Mereka membahas topik, Sharing Pemimpin Daerah Kreatif.

“Semua kota anggota APEKSI sudah menjadikan kota Kreatif, khususnya ekonomi kreatif sebagai program utama,” imbuh Airin.

Pada kegiatan ini juga menghadirkan Gubernur Riau Syamsuar sebagai salah satu keynote speaker. Dia mengatakan ekonomi kreatif pun program di tingkat provinsi. “Ekonomi kreatif masuk dalam RPJMD Riau, dan langkah kongkretnya sudah dirumuskan dalam roadmap dan kerangka aksinya,” kata Syamsuar.

Sementara itu, M Rudy Salahudin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif Menko Perekonomian menyebut, ekonomi kreatif kini memberi kontribusi sebesar 13,77 persen terhadap ekspor nasional dan 7,44 persen pada PDB Indonesia. “Pertumbuhan dan peran ekonomi kreatif terus meningkat,” kata M Rudy Salahudin.

Indonesia sedang mengalami bonus demografi. Yakni lebih dari 60 persen penduduknya berusia produktif. Sepuluh tahun mendatang, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan.

“(Kebutuhan) kota-kota kreatif menjadi tumpuan untuk memanfaatkan bonus demografi sekaligus memberi kesejahteraan bagi 70 persen penduduk Indonesia,” kata Ketua Umum ICCN Tubagus Fiki Satari saat menyampaikan pengantar CCC dan Indonesia Cities Creative Network Festival (ICCNF) 2019.

Menurutnya, kota kreatif mencakup pengembangan kota yang memuliakan kreativitas, inovasi, inklusif, berkesinambungan, transparan, adil, dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan yang relatif merata.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Belum Bisa Bertemu Jokowi, Pimpinan KPK Tetap Bekerja Seperti Biasa - Gudang Berita Viral Belum Bisa Bertemu Jokowi, Pimpinan KPK Tetap Bekerja Seperti Biasa
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Perpaduan Warna Berani Ala Maggie Hutahuruk di New York Fashion Week - Gudang Berita Viral Perpaduan Warna Berani Ala Maggie Hutahuruk di New York Fashion Week
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Sepekan Perluasan Ganjil Genap, Polisi Tilang 8.014 Kendaraan - Gudang Berita Viral Sepekan Perluasan Ganjil Genap, Polisi Tilang 8.014 Kendaraan
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print