Selasa, 22 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 05 Okt 2019, 20:00:07 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Efek Proyek Pipa PDAM Sering Bocor, Air Mampet Hampir Setiap Hari - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kemarin pagi (4/10), sejumlah warga Kecamatan Tandes, Kecamatan Benowo, dan Kecamatan Pakal dibikin bingung masalah air. Aliran air PDAM mereka mampet. Itu terjadi setelah pipa di kawasan jembatan Jalan Kyai Amir jebol pada Kamis malam (3/10) imbas pengerjaan box culvert.

Salah seorang warga yang terkena dampaknya adalah Yunedi. Dia menuturkan, sejak kemarin dini hari (4/10), air di rumahnya tidak keluar. Alhasil, dia terpaksa mengangsu air saat pagi. ’’Kalau enggak gitu, ya enggak mandi,’’ ucap warga Bandarejo, Kecamatan Benowo, tersebut.



Air di rumahnya tidak hanya mampet kemarin. Menurut dia, kejadian seperti itu terjadi hampir setiap hari. Biasanya, air mampet saat pagi. Jelang siang, air kembali mengalir. Hanya, aliran air PDAM di rumahnya kemarin tak keluar hingga malam.

Beberapa warga sekitar sebenarnya tidak kaget terkait mampetnya air PDAM. Menurut Juned, sapaan akrabnya, hampir semua warga pernah mengalami hal yang sama. Terutama saat ada pengerjaan box culvert di sisi barat maupun timur. ’’Setiap dini hari, saya nunggu air ngalir untuk ngisi bak mandi,’’ ucapnya kemarin.

Warga Pakal, Asnawi, mengaku juga mengalami hal serupa. Sejak kemarin subuh, air di rumahnya tidak keluar. Dia pun harus membeli air. Sementara itu, Dwi Atmaja, salah seorang warga Manukan Sari, memilih untuk meminta air dari sumur tetangga. Itu dilakukan supaya bisa menekan biaya pembelian air.

Manajer Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Adi Nugroho menyatakan, kebocoran pipa di kawasan pemasangan box culvert di dekat Jembatan Kyai Amir terjadi sejak Kamis sore (3/10).

Saat malam, petugas turun ke lapangan untuk memperbaiki pipa. ’’Sampai Jumat perbaikan masih dilakukan,’’ katanya. Dia menjelaskan, pipa yang bocor tersebut berada di kedalaman 3–4 meter. Mungkin, pipa berdiameter 250 milimeter itu terkena alat ekskavator saat sedang dilakukan penggalian lokasi pemasangan box culvert. ’’Ada dua titik pipa yang bocor,’’ ucapnya kemarin.

Selain karena kedalaman, kendala perbaikan pipa terjadi karena masalah lokasi. Sebab, pipa yang mengalirkan air ke Benowo dan Pakal itu berada di area berlumpur. Apalagi, saat itu semburan air menutupi bagian pengerjaan pipa yang sedang bocor tersebut. Untuk mengatasi hal itu, pipa di Margomulyo ditutup untuk sementara.

Dengan demikian, untuk sementara, air yang mengalir di pipa dari Karangpilang terhenti. Hal itu mengakibatkan air di beberapa wilayah seperti Kecamatan Tandes, Benowo, Pakal, serta sebagian wilayah Sambikerep tidak menyala. ’’Warga sebenarnya bisa mengajukan kiriman air tangki,’’ katanya.

Nugroho menyebutkan, ada beberapa titik yang kini diawasi PDAM saat pengerjaan box culvert. Yakni, di sekitar Jembatan Kyai Amir dan di area Bandarejo. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Jakarta Diprediksi Cerah Sepanjang Hari  - Gudang Berita Viral Jakarta Diprediksi Cerah Sepanjang Hari
Selasa, 22 Okt 2019, 05:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Menunggu Janji Jokowi, Gaji Rakyat Rp24 Juta/Bulan  - Gudang Berita Viral Menunggu Janji Jokowi, Gaji Rakyat Rp24 Juta/Bulan
Selasa, 22 Okt 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 De Rossi & Buffon Berpeluang Main Lagi di Timnas  - Gudang Berita Viral De Rossi & Buffon Berpeluang Main Lagi di Timnas
Selasa, 22 Okt 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print