Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 19:00:08 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dukung Pariwisata Banyuwangi, PLN Aliri Listrik hingga Alas Purwo - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PLN terus meningkatkan rasio elektrifikasi di Jawa Timur. Salah satu tujuannya adalah mendorong industri pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. BUMN setrum itu membangun jaringan listrik di Taman Nasional Alas Purwo. Jaringan listrik tersebut dibangun sepanjang 21,7 km dan dapat menyuplai listrik hingga Pantai Plengkung.

Manager Konstruksi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saifuddin menyatakan, jaringan itu juga mengaliri listrik di Pantai Trianggulasi dan Savana Sadengan. Selain untuk mendorong pariwisata, adanya jaringan tersebut diharapkan membantu konservasi satwa di wilayah itu. Salah satunya adalah kebutuhan pompa air untuk satwa.



Saat ini progres penyelesaian pembangunan tersebut telah mencapai 70 persen. Pengerjaan yang dimulai sejak akhir Agustus itu diharapkan selesai pada akhir Oktober nanti.

Dia menargetkan, listrik sudah menyala pada 27 Oktober nanti. Saifuddin mengakui, keterbatasan waktu menjadi penghambat pemasangan jaringan listrik tersebut. Pemasangan jaringan hanya dapat dilakukan hingga pukul 17.00.

“Maksimal hingga jam lima sore sudah harus keluar dari hutan,” imbuhnya.

Sampai saat ini, tinggal beberapa trafo yang perlu dipasang. Dengan total pengerjaan 800 KVA, PLN memasang lima trafo yang tersebar di Alas Purwo.

Terdapat dua trafo bertegangan 250 kVA di Pantai Plengkung serta tiga trafo 100 kVA yang masing-masing berada di Pura Luhur Giri Sancaka, Pantai Trianggulasi, dan Pantai Pancur.

Bukan hanya itu, Saifuddin menyatakan, PLN juga memasang jaringan listrik di beberapa desa. Dari program Listrik Desa (Lissa), pihaknya berencana memasang empat trafo untuk melayani 200 warga desa, meski dia mengakui, lokasi warga yang terpencar menjadi tantangan tersendiri untuk memasang jaringan listrik. Sumber listrik untuk jaringan Alas Purwo dan Lissa berasal dari Gardu Induk Genteng yang memiliki kapasitas 180 mVA.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Fabio Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie Terbaik di GP Jepang - Gudang Berita Viral Fabio Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie Terbaik di GP Jepang
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Warga Gaza dan Suriah Butuh Bantuan untuk Hadapi Musim Dingin - Gudang Berita Viral Warga Gaza dan Suriah Butuh Bantuan untuk Hadapi Musim Dingin
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Harga Leeds dan Newcastle Kemahalan, Investor Baru Batal Datang - Gudang Berita Viral Harga Leeds dan Newcastle Kemahalan, Investor Baru Batal Datang
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print