Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 19:00:10 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dua Kabar Palsu Manfaatkan Gempa Banten - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Seperti sudah menjadi tradisi, peristiwa bencana alam selalu diikuti kabar palsu. Tak terkecuali gempa berpotensi tsunami yang melanda Banten baru-baru ini. Katanya, gempa itu mengakibatkan gedung Bandung Electronic Center (BEC) runtuh.

Kabar tersebut disertai video kepanikan pengunjung BEC yang keluar gedung saat gempa terjadi. Ada juga rekaman sejumlah tembok retak dan foto dinding kaca miring. “Gedung BEC runtuh,” tulis akun Deon Hazard (fb.com/deon.hazard.52) sambil membagikan video itu.



Faktanya, hingga kemarin gedung BEC “baik-baik saja”. Sama sekali tidak ada bagian yang runtuh. Soal dinding yang tampak miring, BEC memang memiliki desain seperti itu di salah satu pintu masuk. Radar Cirebon (Jawa Pos Group) telah mengunggah foto desain bangunan unik tersebut untuk menegaskan bahwa kabar BEC runtuh adalah hoax. Anda dapat melihat foto bangunan itu di bit.ly/HoaxRuntuh.

Kabar palsu lainnya menyebutkan bahwa gempa di Banten mengakibatkan ketinggian air di Pelabuhan Tanjung Priok surut 15 meter. Kabar yang juga disertai video itu memperlihatkan kendaraan-kendaraan besar berebut keluar dari kawasan pelabuhan.

Hoax Gedung BEC runtuh (Radar Cirebon/Jawa Pos Group)

Faktanya, informasi itu palsu. Pelabuhan Tanjung Priok ada di Jakarta dan posisinya di utara pesisir Pulau Jawa. Begitu juga Pelabuhan Banten di Cilegon yang posisinya juga di bagian utara Pulau Jawa. Sementara itu, titik gempa berada di Samudra Hindia, sisi selatan Pulau Jawa. Jika terjadi tsunami, kecil kemungkinan dua pelabuhan itu terdampak.

General Manager Pelabuhan Banten Agus Hendriyanto memastikan bahwa narasi dalam video tersebut hoax. Dia menjelaskan, di Pelabuhan Banten memang ada proses evakuasi truk. ”Jadi, memang video itu benar. Itu proses evakuasi sesuai SOP. Sebenarnya relatif aman, cuma narasinya hoax,” jelasnya.

Saat ini pihaknya mencari perekam video yang menyatakan keadaan air laut surut hingga 15 meter. Jika benar penjaga pos pelabuhan yang merekam, Agus akan memprosesnya. ”Kalau itu penjaga pos, kami akan proses besok. Jadi, minta tolong ya, itu hoax,” paparnya. Anda dapat membaca berita news.detik.com itu di bit.ly/HoaxAirSurut.

FAKTA

Kabar yang menyebutkan bahwa gempa bumi di Banten mengakibatkan gedung BEC runtuh dan air laut di pelabuhan surut 15 meter adalah hoax.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Menteri BUMN Ajak Pebisnis Kuliner Karawang Move On ke LPG Non Subsidi - Gudang Berita Viral Menteri BUMN Ajak Pebisnis Kuliner Karawang Move On ke LPG Non Subsidi
Kamis, 22 Agu 2019, 22:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Terancam Kekeringan, Anies Minta Warga Hemat Penggunaan Air Bersih - Gudang Berita Viral Terancam Kekeringan, Anies Minta Warga Hemat Penggunaan Air Bersih
Kamis, 22 Agu 2019, 22:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kemenristekdikti Target Dua PTS Dipimpin Rektor Asing pada 2020 - Gudang Berita Viral Kemenristekdikti Target Dua PTS Dipimpin Rektor Asing pada 2020
Kamis, 22 Agu 2019, 22:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print