Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 08:00:06 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
DPR Minta Presiden Tegur Menteri yang Bongkar Pasang Direksi BUMN - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Perombakan direksi di sejumlah BUMN tetap terjadi. Kebijakan dari Kementerian BUMN ini dikritisi Komisi VI DPR. Anggota Komisi VI DPR Abdul Aziz menyayangkan keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno yang melakukan perombakan jajaran direksi di sejumlah BUMN tersebut.

Menurut dia, sikap Menteri Rini tersebut bertentangan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang melarang para menteri mengambil kebijakan stratregis menjelang berakhirnya pemerintahan periode 2014-2019 pada Oktober 2019 mendatang.



“Manuver perombakan direksi di sejumlah BUMN ini bentuk ketidakpatuhan kepada presiden,” kata Abdul Aziz kepada wartawan, Kamis (5/9).

Politikus PPP ini menilai bahwa bongkar pasang jajaran direksi ini adalah bentuk kesewenang-wenangan Menteri BUMN Rini Soemarno. Sikap itu pun telah menimbulkan keresahan. Untuk itu dia Presiden Jokowi menegur menteri tersebut agar tidak membangkang perintah atasan. “Presiden Jokowi perlu memberi teguran atau bahkan sanksi atas keputusan yang telah dilakukannya itu,” kata Aziz.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini Kementerian BUMN melakukan bongkar pasang direksi BUMN. Terbaru, pergantian direksi di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) serta PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Perombakan juga terjadi di PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Sementara itu di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ada perombakan komisaris. Bukan tidak mungkin beberapa BUMN juga akan segera mengalami perubahan direksi dan komisaris mengingat ada agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSBL) di BUMN lainnya.

Sebelumnya Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan instruksi. Yakninya, para menteri dilarang mengambil keputusan strategis. Instruksi ini berlaku hingga Oktober 2019.

“Para menteri diminta untuk tidak mengeluarkan kebijakan strategis dan penempatan atau penggantian jabatan-jabatan atau posisi tertentu. Dua hal itu,” tegas Moeldoko.

Di pihak lain, Menteri BUMN Rini Soemarno belum memberikan tanggapannya soal keputusannya yang melakukan perombakan direksi di sejumlah BUMN.

Infografis Direksi BUMN (Jawa Pos)



Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bangun IPAL-Saluran untuk Penuntasan Kawasan Kumuh Surabaya Timur - Gudang Berita Viral Bangun IPAL-Saluran untuk Penuntasan Kawasan Kumuh Surabaya Timur
Senin, 23 Sep 2019, 21:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Inggris Pertimbangkan Gabung AS Perkuat Militer di Teluk - Gudang Berita Viral Inggris Pertimbangkan Gabung AS Perkuat Militer di Teluk
Senin, 23 Sep 2019, 21:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Rommy Pertanyakan Hilangnya Nama Khofifah, KPK Bilang Begini - Gudang Berita Viral Rommy Pertanyakan Hilangnya Nama Khofifah, KPK Bilang Begini
Senin, 23 Sep 2019, 21:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print