Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 05:00:02 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Dit Siber Beri Pelatihan Tangkal Hoax  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri memberikan pelatihan strategi menangkal bahaya hoax di media sosial di hadapan mahasiswa Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Lemdiklat Polri di Gedung Soemarno, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/8/2019).

Pelatihan diwakili oleh Kanit lll Subdit ll AKBP Irwansyah. Dalam pelatihan itu, Irwansyah awalnya memberikan arahan soal maraknya hoax yang beredar di media sosial.

"Hoax ada karena rendahnya minat baca masyarakat Indonesia yang enggan untuk kebenaran atas informasi yang diterima," kata AKBP Irwansyah.



Irwansyah mempaparkan bahwa hoax sangat berbahaya bagi sebuah bangsa khususnya Indonesia. Dampaknya juga akan sangat luas jika hoax terus menerus disebarkan.

"Bisa memicu perpecahan, mengakibatkan fakta tidak lagi percaya, menguntungkan pihak tertentu, dan lahirnya konflik horizontal hingga Genosida," tutur Irwansyah.

Di Indonesia, hoax bisa bermacam-macam antara lain pencemaran nama baik, pengancaman, penodaan agama hingga ujaran kebencian.

Untuk menangkal hoax, Irwansyah mengatakan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid) Siber Bareskrim Polri telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir. Salah satunya yakni sosialisasi bahaya bermain media sosial ketika menerima informasi.

"Kita lakukan preemtif terlebih dahulu atau sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian dilakukan preventif atau memblokir akun-akun yang diduga telah membuat provokasi dan menyebarkan informasi yang belum benar," jelasnya.

"Jika dua langkah itu tak membuat seseorang yang hendak melakukan penyebaran berita hoax maka penegakan hukum harus dilakukan untuk membuat jera sesuai dengan UU Nomor 19 tahun 2016 atas perubahan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE)," sambung dia.




Sumber: inilah.com

Tag: News



Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua - Gudang Berita Viral Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas - Gudang Berita Viral PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran - Gudang Berita Viral LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print