Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 07:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dishub Targetkan 10 Ribu Angkutan Umum Masuk Jaklingko Pada 2020 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai merancang rencana peremajaan angkutan umum yang ditarget selesai 2020 sesuai Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara Jakarta. Tahun depan Dishub menargetkan seluruh angkutan umum akan terintegrasi dalam prograk Jaklingko.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, saat ini di Jakarta ada 10.047 unit angkutan umum. Jumlah itu terdiri dari kendaraan jenis bus kecil, sedang dan besar.



Untuk melancarakan program peremajaan, pemprov akan berkolaborasi dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Nantinya mereka yang akan menjalin kerjasama pula dengam operator angkutan umum dalam proses peremajaan. Program ini akan menggunakan uang subsidi yang diberikan kepada Transjakarta sebesar Rp 3,2 triliun.

“Oleh sebab itu kami menganggarkan lehih kurang 3,2 triliun untuk tahun 2019 dan kami berharap bahwa dengan pola ini, maka seluruh layanan angkutan umum target kami 2020 dapat mencakup coverage areanya 90 persen di Jakarta,” kata Syafrin di Balaikota, Jakarta, Selasa (6/8).

Syafrin menjelaskan, dengan sistem seperti ini, nantinya biata operasional angkutan umum akan dibayar oleh pemprov sesuai harga perkilometer. Operator hanya diminta melakukan peremajaan terhadap angkutannya. Sistem ini juga akan menjauhkan sopir dari sistem kejar setoran.

Lebih lanjut, Syafrin menargetkan sebanyak 10.047 angkutan umum di DKI Jakarta terintegrasi dalam Jak Lingko dan diremajakan pada tahun 2020, sehingga tidak ada lagi yang berusia di atas 10 tahun.

“Tentunya, keseluruhan armada akan diintegrasikan khususnya angkutan umum reguler, yaitu bus kecil, bus sedang, dan bus besar. Itu akan kita penuhi pada 2020 sebanyak 10.047 armada,” tegasnya.

Sejauh ini, jumlah armada yang tergabung dalam Sistem Jak Lingko dan telah diremajakan sejumlah 3.359 unit, yang terdiri dari Bus Besar 1.779 unit, Bus Sedang 420 unit, dan Bus Kecil 1.160 unit. Peremajaan ini tidak hanya berlaku bagi armada yang memiliki trayek di Jakarta, melainkan juga yang berlaku di wilayah Jabodetabek serta mobil jenis penumpang (Pnp).

Di tempat sama, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan saat ini sudah ada tiga operator angkutan umum yang menyatakan siap untuk bekerjasama masuk dalam program Jaklingko. Mereka adalah Metromini, Kopaja dan Kopami Jaya. Transjakarta menyebut kerjasama ini dengan istilah ‘klik’.

“Dengan sudah dilalukan klik oleh Transjakarta maka sudah dilakukan negosiasi. Yang sedang dilakukan oleh Transjakarta sekarang adalah menjembatani, membantu bagaimana para opererator dapat memenuhi jumlah armada yang kita klik tersebut,” tambah Agung.

Total armada yang diklik ini sebanyak 310 bus sedang.  Dengan rincian 100 unit Metromini, 150 unit Kopaja, dan 60 unit Kopami Jaya. Jumlah itu diharapkan masih bisa terus ditambah sampai memenuhi kebutuhan warga DKI secara keseluruhan.

Dalam kesempatan ini, Agung juga turut menjelaskan peruntukan anggaran Rp 3,2 triliun yang disiapkan. Uang ini akan digunakan untuk 2 aspek. Pertama yakni untuk Transjakarta mengelola ekosistem operasional angkutan umum berbasis trayek di Jakarta. “Ada yang untuk pembiayaan baik itu membeli layanan dari operator dan itu teralokasi sekitar 50 persennya,” terangnya.

Sementara itu, untuk trayek sejauh ini masih dalam tahap pembahasan. Potensi mempertahankan rute lama atau membuat rute baru masih mungkin dilakukan.

“Karena targetnya adalah kita ingin mencapai 80 persen wilayah domisili warga Jakarta dapat menjangkau angkutan umum dalam jarak 500 meter. Karena itu perlu pengelolaan trayek yang sesuai dan itu menjadi bagian dari Transjakarta,” tutup Agung.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print