Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 12:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Daripada Rektor, JK Sarankan Rekrutmen Dekan Asing - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Wacana rekrutmen rektor asing untuk memperbaiki kualitas kampus di Indonesia memang menjadi kontroversi. Ada yang mendukung, ada pula yang terang-terangan menolak. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mencoba mencarikan jalan tengah agar polemik rektor asing tidak berkepanjangan.

Jabatan rektor bagi JK adalah sebuah posisi yang penting dalam suatu universitas. Tidak hanya dalam urusan akademik, seorang rektor juga bertanggung jawab dalam berbagai urusan administrasi yang berkaitan dengan kampusnya. Termasuk kerja sama dengan berbagai pihak di luar lingkungan kampus.



“Kalau rektor asing bisa bingung dia kan,” tuturnya.

Atas dasar itu, ketimbang rektor, dia menyarankan untuk merekrut intelektual asing di jabatan yang setingkat di bawahnya. Yakni, dekan fakultas.

“Kalau dekan, pekerjaannya sangat teknis,” lanjutnya.

Dari jabatan dekan tersebut, jenjang kariernya bisa naik sehingga dia bisa menjadi rektor. Dengan demikian, sivitas akademika tidak akan syok. Rektor asing pun tidak akan syok karena dia sudah mengenal kampus itu sejak menjadi dekan fakultas.

Menurut JK, tidak perlu khawatir bahwa rektor asing akan memboroskan anggaran. Mengingat, anggaran pendidikan Indonesia 2020 mendatang mencapai Rp 550 triliun.

Lagipula selama ini akademisi Indoensia sudah biasa berhubungan dengan pihak asing. Itu terbukti dari banyaknya mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri.

Maka, mendatangkan tenaga asing ke kampus Indonesia seharusnya juga bukan hal aneh. “Jauh lebih murah mendatangkan profesornya ke dalam negeri,” tuturnya.

Di saat bersamaan, peningkatan kualitas rektor dalam negeri juga harus terus dilakukan. Hanya saja, prosesnya butuh waktu lama. Rektor asing akan mempersingkat prosesnya sembari menunggu rektor dalam negeri.

JK menambahkan, dunia sudah berubah. Maka univeritas di Indonesia juga harus lebih cepat majunya.

JK berpesan agar bangsa ini tidak cepat mudah merasa hebat. Indonesia memang punya banyak akademisi yang hebat. Namun, perlu ada standar yang lebih tinggi lagi bila ingin naik kelas.

Sementara itu, pengamat pendidikan tinggi Totok Amin Soefijanto menilai, program rektor asing adalah gebrakan positif. Sebuah program berkelanjutan setelah Kemeristekdikti mendorong akademisi untuk meningkatkan publikasi jurnal ilmiah.

Apakah itu saja cukup? Jelas tidak. Kampus negeri tanah air membutuhkan sosok pemimpin berkelas dunia.

“Pemimpin asing ini ibarat katalisator. Yang sifatnya mempercepat proses peningkatan mutu dan branding perguruan tinggi di Indonesia ke kancah internasional,” terang Totok.

Dia berharap, gaya kepemimpinan dan etos kerja rektor asing yang dibawa ke Indonesia akan mengubah segala sistem kampus yang buruk menjadi simpel.

Ingat, tujuan pemerintah adalah membawa nama kampus, bukan perseorangan. Guna meningkatkan ranking, butuh pamor.

Tidak hanya akademis, kemampuan berjejaring dengan komunitas peneliti dan kampus internasional sangat penting.

Rektor harus memiliki kemampuan marketing yang handal. Mempromosikan kampusnya untuk menarik minat mancanegara, terutama sektor industri.

“Kemampuan rektor layaknya businessman memang. Nah, ini yang jarang dimiliki akademisi Indonesia,” katanya.

Kampus harus memiliki usaha. Bekerja sama dengan perusahaan. Misalnya, memberdayakan dosennya untuk riset teknologi jika bekerja sama dengan perusahaan IT, atau riset obat-obatan jika bekerja sama dengan perusahaan farmasi. Dengan begitu, hasil riset akan tepat guna dengan kebutuhan industri.

Selama ini, suara penolakan dari beberapa kampus memang gencar terdengar. Totok menilai itu wajar. Mungkin, mereka kaget dengan inovasi maupun terobosan program baru yang dicanangkan pemerintah.

“Ini tugas Kemenristekdikti selanjutnya untuk gencar sosialisasi. Ngobrol makan siang bersama pejabat kampus. Menjelaskan maksud, latar belakang, dan tujuan. Diskusilah. Saya yakin satu kali makan siang selesai,” ujar dosen Universitas Paramadina itu.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Meminum Air Putih - Gudang Berita Viral Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Meminum Air Putih
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
‘Soon You’ll Get Better’, Kesedihan Taylor Swift Soal Penyakit Ibunya - Gudang Berita Viral ‘Soon You’ll Get Better’, Kesedihan Taylor Swift Soal Penyakit Ibunya
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Apa yang Biasa Tampak dari Mukminah Zaman Rasul?  - Gudang Berita Viral Apa yang Biasa Tampak dari Mukminah Zaman Rasul?
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print