Senin, 14 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 09 Okt 2019, 20:00:14 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dari CSR hingga Zakat akan Digunakan untuk Danai 17 Agenda SDGs - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Indonesia menargetkan 17 agenda pembangunan berkelanjutan alias sustainable development goals (SDGs) bisa rampung pada 2030. Namun, bukan hal yang mudah untuk merealisasikannya karena butuh kerja keras dan dana yang besar.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan itu, pihaknya akan membentuk SDGs financing hub. “Tidak bisa hanya mengandalkan APBN,” ujarnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10).



Financing hub tersebut akan mengoordinasikan dana-dana proyek SDGs di luar APBN. Misalnya CSR (corporate social responsibility) perusahaan, filantropi, dan zakat.

Dia menjelaskan, tujuan SDGs tidak mungkin tercapai jika mengandalkan anggaran pemerintah semata. Karena itu, financing hub penting untuk memastikan 17 tujuan dalam SDGs tercapai.

Melalui financing hub tersebut, Bappenas akan bertugas menjadi koordinator pembiayaan program SDGs di Indonesia. Caranya dengan melakukan identifikasi terhadap sumber-sumber pembiayaan dan rencana aksi.

“Kami tidak mengumpulkan uang, tapi mempertemukan sumber dana dengan rencana aksi dalam SDGs,” imbuhnya.

Selain dana nonpemerintah, financing hub akan mengoordinasi pembiayaan lewat swasta dan pemerintah, baik melalui pembiayaan investasi nonanggaran (PINA) maupun kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Pihaknya juga telah menyusun rancangan kerja dalam dua periode.

Sebab, pencapaian tujuan tahap pertama dimulai pada 2020 sampai 2024, dilanjutkan pada tahap kedua mulai 2024 sampai 2029. Di tempat yang sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan, target terpenting dalam 17 agenda SDGs adalah yang pertama dan terakhir.

Goal pertama adalah menghilangkan kemiskinan,” katanya.

Menurut dia, upaya menghilangkan kemiskinan itu terkait dengan pendidikan, kesehatan, dan lainnya. JK menjelaskan bahwa banyak yang berubah dalam kehidupan. Namun, bagi dia, yang tidak berubah adalah tujuan negara menyejahterakan rakyat.

Dia berharap program SDGs bisa memberikan dampak dalam sepuluh tahun mendatang. “Program-program dalam SDGs bisa tercapai dengan kerja sama. Baik sesama elemen bangsa Indonesia maupun dengan negara lainnya,” lanjutnya.

17 Agenda SDGs

Meniadakan kemiskinan

Mengurangi isu kelaparan

Kesehatan dan kesejahteraan yang baik

Pendidikan berkualitas

Kesetaraan gender

Air bersih dan sanitasi

Energi yang terjangkau dan bersih

Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi

Industri, inovasi, dan infrastruktur

Mengurangi ketimpangan

Kota dan komunitas berkelanjutan

Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

Aksi iklim

Kehidupan di bawah air dan kelautan

Kehidupan di darat

Institusi kuat perdamaian dan keadilan

Kemitraan untuk mencapai tujuan

Sumber: Bappenas




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Akhirnya, Setelah 27 Tahun, Ganda Putra Indonesia Juara Dunia Junior - Gudang Berita Viral Akhirnya, Setelah 27 Tahun, Ganda Putra Indonesia Juara Dunia Junior
Senin, 14 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Album Debutnya Puncaki Top Billboard 200, SuperM Ucapkan Terima Kasih - Gudang Berita Viral Album Debutnya Puncaki Top Billboard 200, SuperM Ucapkan Terima Kasih
Senin, 14 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Berguru kepada Sejarah - Gudang Berita Viral Berguru kepada Sejarah
Senin, 14 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print