Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 11 Agu 2019, 23:00:06 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dapat Fasilitas Kartu Kredit Gratis? Perhatikan ini Dulu - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kartu kredit menawarkan banyak manfaat dan keuntungan, terutama bagi mereka yang secara aktif menggunakannya. Jumlah pengguna produk keuangan yang satu ini meningkat tajam setiap tahun. Sehingga wajar saja jika hampir semua bank menyediakan produk kartu kredit.

Untuk mendapatkan pengguna aktif, beragam program dan penawaran menarik juga ditawarkan, termasuk kartu kredit gratis yang cukup menggoda. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat tingkat persaingan di antara bank penyedia kartu kredit juga terbilang ketat.



Lalu, apakah Anda juga berminat pada kartu kredit gratis ini?

Kartu kredit gratis pada umumnya diberikan oleh pihak bank kepada nasabah dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah pengguna aktif yang lebih tinggi.
Dalam hal ini, biasanya bank akan menggratiskan iuran tahunan dengan sejumlah syarat tertentu atau bahkan tanpa syarat sama sekali.

Namun meski gratis, Anda tentu perlu memiliki pertimbangan yang matang terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil dan menggunakan kartu kredit ini. Jangan sampai penggunaan kartu kredit gratis justru membawa masalah keuangan bagi Anda.

Jadi, sebaiknya perhatikan hal ini bila dapat fasilitas kartu kredit gratis seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (11/8).

1. Perhatikan Kondisi dan Kemampuan Keuangan Anda

Perhatikan kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai Anda menggunakan kartu kredit di saat kondisi keuangan memiliki beban utang yang besar.

Bukannya menyelesaikan masalah, keputusan menggunakan kartu kredit saat utang menumpuk bisa saja menimbulkan masalah keuangan yang lebih rumit. Pastikan kondisi keuangan tidak bermasalah ketika Anda mengaktifkan kartu kredit.

2. Anda Benar-benar Butuh

Berikutnya adalah apakah Anda benar-benar membutuhkan kartu kredit tersebut. Ini penting karena akan berkaitan dengan kondisi keuangan Anda dan kebutuhan belanja Anda selama ini.

Jika Anda tidak begitu membutuhkannya, maka penggunaan kartu kredit ini tentu tidak akan memberikan manfaat maksimal. Hal ini bisa saja membuat kartu kredit jarang dipakai atau bahkan tidak terpakai sama sekali oleh Anda.

3. Fitur dan Fasilitas Apa Saja yang akan Anda Dapatkan

Beda kartu kredit, beda juga manfaat dan keuntungan yang ditawarkan. Biasanya pihak bank akan menyediakan beberapa jenis kartu kredit yang berbeda. Sehingga para nasabahnya bisa memilih dan menyesuaikan salah satu yang paling tepat dengan kebutuhan mereka.

Penting bagi Anda untuk menjadikan poin ini sebagai salah satu pertimbangan. Pastikan Anda memahami dengan baik fitur dan juga beragam fasilitas yang ditawarkan kartu kredit tersebut, sebelum akhirnya memutuskan untuk memakainya.

4. Biaya Apa Saja yang akan Anda Bayarkan

Meski gratis, Anda juga wajib mencermati berbagai biaya di dalam kartu kredit sejak awal. Biasanya kartu kredit hanya gratis iuran tahunan untuk satu tahun pertama saja, beberapa bank bahkan menerapkan sejumlah syarat untuk mendapatkan iuran tahunan gratis ini.

Artinya, untuk tahun-tahun berikutnya Anda akan dikenakan biaya iuran tahunan. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu mencari tahu dan mempertimbangkan berbagai biaya lainnya, seperti biaya denda, biaya over limit, biaya penutupan kartu, dan yang lainnya.

5. Berapa Bunga yang Diterapkan

Bunga kartu kredit tidak bisa dibilang kecil dan Anda wajib mempertimbangkan hal ini dengan baik. Setiap bank akan menawarkan besaran bunga kartu kredit yang berbeda, tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Menggunakan kartu kredit yang memiliki bunga tinggi tentu akan sangat berisiko bagi keuangan, sebab selalu ada kemungkinan kelak Anda tidak bisa membayar tagihan Anda secara penuh.

Syarat Mengajukan Kartu Kredit

Nah, namun jika Anda berniat mengajukan kartu kredit, pastikan Anda memahami beberapa hal penting sejak awal. Apa saja itu?

Inilah yang selama ini dipertimbangkan oleh bank dari setiap pengajuan kartu kredit yang masuk seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kelengkapan Dokumen serta Persyaratan

Sebagaimana pengajuan produk perbankan lainnya, pengajuan kartu kredit juga harus dilakukan dengan melengkapi sejumlah dokumen dan persyaratan yang ditetapkan oleh bank.

Setiap bank akan memiliki kebijakan khusus terkait dengan kedua hal ini. Namun pada umumnya, bank akan mewajibkan pemohon kartu kredit memenuhi dokumen dan persyaratan berikut ini:
Berusia minimal 21 tahun ketika melakukan pengajuan kartu kredit.
Bekerja dan memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta / bulan.
Fotokopi KTP.
Fotokopi NPWP.
Fotokopi rekening tabungan / rekening koran 3 bulan terakhir.
Slip gaji dan SKP asli (untuk karyawan).
Fotokopi SIUP dan TDP (untuk wiraswasta).
Fotokopi kartu kredit lainnya (jika ada).

Pastikan Anda memenuhi syarat dan melangkapi dokumen tersebut dengan baik, sehingga proses pengajuan kartu kredit Anda bisa berjalan dengan lancar.

2. Riwayat Kredit Anda Selama ini

Riwayat kredit Anda akan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan berhasil atau tidaknya pengajuan kartu kredit yang Anda lakukan. Berbagai catatan riwayat kredit Anda di perbankan ini bisa dilihat melakui Sistem Informasi Debitur yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI).

Jika selama ini Anda memiliki riwayat kredit yang baik dan lancar, maka hal ini tentu tidak akan menjadi masalah dalam proses pengajuan kartu kredit ini. Namun jika ternyata Anda memiliki masalah (baik itu berupa tunggakan ataupun ketidak disiplinan dalam membayar cicilan).

Maka besar kemungkinan pengajuan kartu kredit Anda tidak akan disetujui. Pastikan riwayat kredit Anda bersih dan tidak bermasalah, agar pengajuan Anda memiliki peluang besar untuk disetujui pihak bank.

3. Jumlah Penghasilan dalam Sebulan

Fasilitas kartu kredit memberikan resiko yang cukup besar bagi pihak bank selaku penerbit. Dalam hal ini bank tentu perlu memastikan bahwa Anda memang benar-benar layak menerima fasilitas tersebut dan mampu melunasi berbagai tagihan yang kelak muncul di dalamnya.

Bank akan memastikan hal tersebut melalui beberapa cara, termasuk dengan melihat jumlah penghasilan dan juga jenis pekerjaan yang Anda lakoni. Bank akan melihat besaran penghasilan Anda melalui slip gaji dan juga rekening tabungan yang Anda sertakan.

Bahkan dengan melakukan verifikasi langsung ke kantor Anda. Selain memenuhi jumlah minimal penghasilan, bank juga akan mempertimbangkan kemampuan bayar yang Anda miliki di dalam keuanga Anda.

4. Transaksi di dalam Rekening

Untuk melihat kondisi keuangan Anda, bank akan menjadi rekening pribadi Anda sebagai salah satu pertimbangan. Perputaran arus kas yang sehat dan lancar akan jauh lebih disukai bank, daripada rekening yang pasif dengan saldo tetap atau bahkan dengan saldo yang selalu habis setiap bulannya.

Akan jauh lebih baik jika Anda menyertakan rekening yang menjadi jalur payroll Anda saat pengajuan kartu kredit, sehingga bank bisa langsung melihat besaran penghasilan Anda. Selain itu, mengajukan kartu kredit di bank tempat Anda menabung juga akan mempermudah proses pengajuan Anda.

5. Kredibilitas Perusahaan

Bukan hanya penghasilan dan jenis pekerjaan Anda, kredibilitas perusahaan tempat Anda bekerja juga akan menjadi pertimbangan bagi pihak bank. Pada dasarnya bank sudah memiliki kriteria tertentu untuk perusahaan ini.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan ternama dengan kredibilitas yang baik, maka peluang Anda untuk mendapatkan kartu kredit tentu akan lebih besar. Namun jika perusahaan Anda hanya berskala kecil atau bahkan memiliki kredibilitas yang buruk di mata publik, maka pengajuan ini bisa saja ditolak oleh pihak bank.

6. Proses Verifikasi
Selain berbagai poin di atas, proses verifikasi juga menjadi penilaian penting dalam menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan kartu kredit Anda. Biasanya bank akan melakukan verifikasi beberapa kali, antara lain rumah, kantor, kerabat dekat, dan juga kepada Anda sendiri selau pemohon.

Penting untuk memastikan bahwa data yang Anda cantumkan benar-benar sesuai, termasuk ketika diverifikasi oleh pihak bank.

Bagi Anda yang akan mengajukan permohonan kartu kredit, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai hal yang akan menjadi penilaian pihak bak dalam proses ini. Pahami dan ajukan kartu kredit Anda dengan baik dan lengkap, sehingga semua proses bisa berjalan dengan lancar dan Anda bisa mendapatkan kartu kredit yang Anda butuhkan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono - Gudang Berita Viral Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila - Gudang Berita Viral Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor - Gudang Berita Viral DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print