Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Danlanal: Tidak Ada Penahanan Kapal Amerika - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Bersandarnya kapal Amerika Serikat USNS Fall River di Pelabuhan Tanjung Wangi Selasa lalu (30/7) mendapat tanggapan dari Danlanal Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal. Mantan Komandan Kapal Selam Nanggala 402 itu menegaskan kalau Lanal Banyuwangi tidak menahan kapal tersebut.

Kapal tersebut tetap bisa menurunkan personel USMC yang hendak latihan bersama di Puslatpur Marinir Karangtekok, Sitobondo. ”Kapal terebut sandar tanggal 30 Juli di dermaga Tanjung Wangi. Pada tanggal 31 Juli personel langsung turun  menuju Puslatpur Marinir Karangtekok untuk melaksanakan kegiatan latihan bersama CARAT 2019 bersama Marinir Indonesia,’’ tegas Yulius.



Dijelaskan pula, keberadaan TNI AL Lanal Banyuwangi dengan sandarnya USNS Fall River adalah membantu kelancaran. Mulai kedatangan, sandar dan berangkat kembali. Termasuk proses debarkasi personel USMC. ”Selama proses sandar sampai turunnya personel USMC berjalan lancar. Tidak ada permasalahan karena semua dokumen lengkap,’’ kata Yulius.

Personel marinir Amerika mulai turun dari kapal USNS Fall River pukul 08.00. Setelah dilakukan persiapan personel dan persenjataan yang akan digunakan untuk latihan tempur, pukul 09.30 mereka diangkut bus langsung ke Puslatpur Marinir.

Mereka dikawal langsung satu tim dari Yonif 5 Marinir, Pasmar 2 Surabaya yang dipimpin Letkol (Mar) Arif. Selama proses debarkasi, Lanal menyiapkan beberapa personel kesehatan dan pengamanan laut untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para personel marinir Amerika.

LATIHAN: Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika (USMC) saat latihan menembak di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir 5 Baluran, Kamis (1/8).(Serma Kuwadi for gudangberitaviral.com)

Latihan antar-marinir dua negara yang diberi nama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) digelar rutin setiap tahun. Latihan ini sekaligus untuk memperingati kerja sama antar-negara di bidang militer. ”Dokumennya sudah lengkap, ada dari Mabes TNI juga. Kita berupaya untuk membantu proses penurunan pasukan karena mereka setelah ini akan langsung berlatih bersama,” jelasnya.

Sementara itu, Kamis kemarin (1/8) Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika (USMC) langsung menggelar latihan menembak di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo. Latihan menembak dipantau langsung oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Marinir Arip Supriyadi, perwira interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro dan Pasiops Yonif 5 Mar Kapten Marinir Haris Tri Purnama.

Materi menembak yang dilatihkan meliputi menembak senapan, GPMG, Sniper, K3 Daewo, menembak malam dan Senjata Mesin Berat (SMB). Selain itu, prajurit Marinir kedua negara juga diberikan materi serangan, raid darat, patroli tempur, jungle survival, pertahanan, dan perang kota. “Latihan Bersama Marinir Indonesia – Amerika ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2019 dan melibatkan 245 prajurit dengan rincian 205 prajurit Korps Marinir TNI AL dan 40 prajurit Marinir Amerika (USMC),” pungkas Letkol Marinir Arip Supriyadi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Lima Hal Ini Mengubah Dosa Kecil Menjadi Besar  - Gudang Berita Viral Lima Hal Ini Mengubah Dosa Kecil Menjadi Besar
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bursa Saham Asia Mulai Naik Tipis  - Gudang Berita Viral Bursa Saham Asia Mulai Naik Tipis
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lukaku Cetak Gol, Inter Kalahkan Gozzano  - Gudang Berita Viral Lukaku Cetak Gol, Inter Kalahkan Gozzano
Senin, 19 Agu 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print