Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 03 Agu 2019, 07:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Dampak Gempa 6,9 SR, 7 Unit Rumah Teridentifikasi Rusak Berat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai melakukan pendataan terkait gempa bumi bermagnitudo 6,9 skala richter (SR) yang terjadi di Laut Samudera Hindia Selatan. Data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB pada Jumat (2/8) pukul 22.10 WIB, tercatat tujuh rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, dan lima lainnya rusak ringan.

“Data rumah rusak berat teridentifikasi di wilayah Kabupaten Cianjur dan Bandung Barat,” kata Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangannya, Jumat (2/8) malam.



Agus menjelaskan, sebanyak lima unit rumah rusak berat di Desa Neglasari dan satu unit di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Rumah rusak berat lainnya tercatat satu unit di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat. Selain itu, kerusakan di kabupaten ini juga terjadi di Kecamatan Cipatat dan Cililin.

Satu rumah rusak ringan di Desa Cirawa Mekar, Kecamatan Cipatat, sedangkan empat lainnya di Kecamatan Cililin. Sementara itu, dua unit rumah mengalami rusak ringan dan rusak sedang di Kabupaten Sukabumi.

“Rincian kerusakan satu unit di Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu dan satu lagi di Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak. Kerusakan juga terjadi pada bangunan Majelis Ta’lim di Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, dengan kategori rusak ringan,” ucap Agus.

“Di Kota Bogor, BPBD setempat melaporkan satu unit rumah mengalami retak-retak,” jelas Agus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengakhiri peringatan dini tsunami yang terpusat di Laut Samudera Hindia Selatan pada pukul 21.35 WIB. Gempa bumi yang semula ditaksir bermagnitudo 7,4 skala richter (SR) setelah dilakukan pemutakhiran menjadi berkekuatan 6,9 SR.

“Hasil analisis BMKG berkekuatan 7,4 SR yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi berkuatan 6,9 SR,” kata Kepala BMKG Dwikorita di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (2/8) malam WIB.

Dwikorita menjelaskan, gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 19.35 WIB termasuk gempa bumi dangkal. Tepatnya berlokasi di laut pada kedalaman 4,8 kilometer pada jarak 164 kilometer arah barat daya Kota Pandeglang, Banten.
Hingga pukul 21.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya gempa bumi susulan. Bahkan tidak ada pergerakan muka air laut yang signifikan.

“Berdasarkan monitoring muka air laut melalui alat pantau pasang surut muka air laut, tidak ada indikasi perubahan muka laut yang signifikan,” tutur Dwikorita.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



MK Tidak Lagi Memiliki Semangat Antikorupsi dan Demokrasi - Gudang Berita Viral MK Tidak Lagi Memiliki Semangat Antikorupsi dan Demokrasi
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tak Ada Alasan Khusus Presiden Jokowi Memilih Busana Bali - Gudang Berita Viral Tak Ada Alasan Khusus Presiden Jokowi Memilih Busana Bali
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Rencana Berlaku Pada 2020, Kartu Pra-Kerja Berikan Insentif Bukan Gaji - Gudang Berita Viral Rencana Berlaku Pada 2020, Kartu Pra-Kerja Berikan Insentif Bukan Gaji
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print