Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 19:00:20 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Daerah Padat Penduduk di Surabaya Minim Ruang Publik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ruang publik di Kelurahan Gunungsari memang minim. Misalnya, warga yang tinggal di kawasan Jalan Wonokitri. Daerah padat penduduk itu diapit mal dan apartemen. Rumah-rumah warga di beberapa gang hampir berdempetan langsung dengan gedung tinggi atau hunian elite. Banyak lahan kosong di wilayah tersebut pun yang sudah dimiliki pengembang.

Akibatnya, tidak dapat dimungkiri, ruang publik yang longgar dan luas untuk warga berkumpul dan berkegiatan terbatas. Hal tersebut diakui Sariyanto, kepala RT 01, RW 05, di kawasan Jalan Wonokitri Gang VIII. ”Di sini ada kurang lebih 16 titik lahan kosong sepetak-sepetak yang sudah dibeli pengembang. Salah satunya, kami pinjam pakai untuk berbagai keperluan,” ujarnya kemarin.



Lahan pinjam pakai yang dimaksud Sariyanto itu sudah dipakai selama kurang lebih setahun. Lahan sekitar 8 x 15 meter persegi tersebut saat ini ditanami banyak tumbuhan untuk penghijauan kampung. Tercatat, ada tanaman serai, pucuk merah, dan buah tin yang ditanam warga. Lahan itu kerap dipakai untuk kegiatan senam rutin.

Perjanjian pinjam pakai tersebut pun dilakukan secara tertulis. Dengan komitmen, ketika diminta kembali oleh pengembang sewaktu-waktu, warga mesti mengembalikan lahan dalam kondisi kosong dan bersih tanpa merasa keberatan. ”Selama pinjam pakai itu, ya kami rawat. Kalau ada kegiatan seperti 17-an yang butuh panggung, ya di lahan pinjaman itu. Tanamannya kami pinggirkan dulu kalau kami butuh lahan kosong untuk kegiatan bersama,” imbuhnya.

Pihaknya pun berencana merapikan lahan tersebut. Yakni, meratakan tanah yang masih disisipi banyak bebatuan. Sementara itu, untuk kegiatan futsal hingga bulu tangkis yang membutuhkan tempat lebih luas, warga diarahkan untuk memanfaatkan lahan di belakang Kantor Kelurahan Gunungsari. ”Sama Pak Lurah diarahkan ke sana kalau misalnya mau futsal. Tapi, mesti ngomong atau koordinasi dulu biar nggak tumpuk sama orang lain yang juga mau pakai,” tandas Sariyanto.

Krisno Haribowo, lurah Gunungsari, membenarkan hal itu. Dia mengonfirmasi bahwa di kawasan Gunungsari memang minim lahan. Sampai-sampai, hampir tidak ada poskamling yang bisa dibangun dengan menapak tanah. ”Per RT ada poskamlingnya. Tapi, pos gantung. Karena memang keterbatasan lahan,” terangnya. Dia menuturkan, sebagian besar lahan di sana sudah dibeli pengembang. Karena itu, banyak lahan kosong yang ditutup pelat beton untuk pengamanan aset.

”Tanah di Wonokitri itu harganya mahal Rp 15 juta–Rp 20 juta per meter,” imbuhnya. Dia menjelaskan, warga sebetulnya bisa meminjam atau memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk kegiatan insidental. Asalkan berkomunikasi dulu dengan pengembang. Lapangan futsal di belakang kantor kelurahan pun bisa dimanfaatkan warga hingga anak sekolah untuk berkegiatan atau berolahraga. Itu merupakan aset pemkot yang diperbaiki menjadi lapangan futsal berdasar usulan Musrenbang 2018. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print