Selasa, 22 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 08 Okt 2019, 21:00:09 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cuitan GM Rockets Bikin Tiongkok Hentikan Siaran Laga-Laga NBA - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Cuitan General Manager Houston Rockets Daryl Morey tentang demonstrasi di Hongkong Minggu (6/10) merembet menjadi perkara serius. Berbagai kalangan di Tiongkok kompak menyudutkan Rockets. Morey langsung meminta maaf dan memastikan itu hanya pandangan pribadi.

Tetapi, semuanya sudah telanjur memanas.



Semua berawal dari unggahan foto di Twitter Morey pada Minggu pagi. ”Berjuang demi perdamaian, berdiri bersama Hongkong.” Begitu bunyi tulisan pada foto tersebut.

Cuitan itu seketika viral. Beberapa pihak dari Tiongkok langsung meminta klarifikasi. Salah satu yang paling tegas adalah Federasi Basket Tiongkok (CBA). Sebab, mereka memiliki ikatan bisnis langsung dengan NBA.

Bukan hanya itu, CBA juga mengumumkan telah menghentikan sementara segala hubungan bisnis dengan Rockets. Padahal, sejatinya CBA punya ikatan mendalam dengan Rockets lantaran sedang dipimpin Yao Ming yang notabene mantan pemain Rockets.

Bukan hanya CBA yang bergerak. Kantor Konsulat Jenderal Tiongkok di Houston melayangkan surat protes. CCTV 5, chanel televisi olahraga milik pemerintah Tiongkok, yang rutin menyiarkan pertandingan NBA pun memastikan tidak akan menyiarkan pertandingan Rockets untuk sementara waktu.

”Kami meminta klarifikasi dan permintaan maaf atas pandangan yang salah itu,” tulis Konjen Tiongkok dalam pernyataan resmi.

NBA melalui Chief Communications Officer Mike Bass mengklarifikasi bahwa cuitan itu merupakan pandangan pribadi Morey. Mereka berharap hubungan bisnis kedua pihak tidak rusak karena peristiwa tersebut. ”Sampai saat ini kami masih sangat menghormati semua sisi budaya maupun kultur dari masyarakat Tiongkok,” ucap Bass.

Namun, langkah tersebut malah mendapatkan kritik dari politisi AS. Mereka menganggap NBA hanya peduli pada uang yang dihasilkan dari hubungan bisnis dengan Beijing dibanding perjuangan masyarakat Hongkong. ”Sekarang sudah jelas, NBA lebih tertarik pada uang daripada hak asasi manusia,” ucap senator Partai Republik Rick Scott dilansir CNN.

Basket luar biasa populer di Tiongkok. Musim lalu, penonton laga-laga NBA mencapai 500 juta orang. Pada Juni lalu, NBA mengikat kerja sama dengan konglomerasi internet Tiongkok, Tencent, senilai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,279 triliun.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tagih Penetapan BCB Benteng Kedung Cowek - Gudang Berita Viral Tagih Penetapan BCB Benteng Kedung Cowek
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Atalanta Tak Ingin Terlena dengan Pujian Guardiola  - Gudang Berita Viral Atalanta Tak Ingin Terlena dengan Pujian Guardiola
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 September 2019, Ekspor Honda BeAT Meningkat  - Gudang Berita Viral September 2019, Ekspor Honda BeAT Meningkat
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print