Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 13:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cerita-Cerita Warga yang Terdampak Blackout - Gudang Berita Viral

Terbiasa hidup sehari-hari bergantung pada listrik, terjadinya blackout merupakan musibah bagi warga. Ada yang ikan kesayangannya mati. Ada pula yang rumahnya sampai terbakar karena kecerobohan ketika menyalakan lilin.

Debora Danisa, Febria Ferdian, Anisatul Ummah, Jakarta, Jawa Pos



LISTRIK mati, ikan mati. Begitulah yang dialami sejarawan J.J. Rizal. Ikan koi kesayangannya mati akibat blackout pada Minggu (4/8). Tidak cuma satu dua ekor. Tapi sampai 43 ekor! Kehabisan oksigen.

Siang itu, seperti biasa, Rizal hendak memberi makan koi. Bersamaan dengan itu, listrik mati. “Saya pikir pendek waktunya,” ungkap Rizal saat dihubungi kemarin (5/8).

Aerator dipasang. Tapi, mesin penghasil gelembung agar air kaya oksigen tersebut hanya bisa menyala maksimal enam jam. Listrik tidak kunjung normal. Rizal mulai resah. Ikannya, yang berukuran 40 sampai 80 sentimeter itu, menunjukkan keanehan. Yang tadinya berkumpul di satu tempat sumber gelembung, kini mulai berpencar.

Tidak begitu jelas, tapi Rizal mulai melihat ikan-ikan mengambang malam itu. Sampai tengah malam, listrik belum menyala. Pria yang tinggal di Beji, Depok, tersebut sudah pasrah. “Saya nggak sampai hati menengok koi-koi karena saya bisa menebak, pasti semua sudah mati,” terangnya.

Pukul 01.30 Senin kemarin, saat rumahnya masih gelap gulita, Rizal menggali kubur. Sebagian ikan terpaksa disimpan di kulkas. Tidak langsung dipendam karena terlalu banyak. Ikan-ikan itu sudah dirawat Rizal enam tahun. Sebelumnya dia punya 80 koi. Mati satu per satu karena sakit atau dimakan kucing. Sisa 43 ekor. “Selama padam itu, yang selamat itu jadi mati semua,” lanjutnya.

Langsung habis dalam 12 jam. Yang membuat lebih kecewa adalah pernyataan pejabat PLN yang meminta masyarakat ikhlas. Hal tersebut malah membuatnya “semakin tidak ikhlas” melepas koi-koinya. “Seharusnya yang pertama dinyatakan itu mengacu Undang-Undang Ketenagalistrikan, minta maaf, lalu siap mengganti kerugian,” lanjutnya.

AKIBAT LISTRIK PADAM: Ikan-ikan Koi milik Rizal warga Depok mati karena kekurangan oksigen (Istimewa/Jawa Pos Photo)

Rizal berharap Presiden Jokowi mengambil tindakan tegas. Tidak sekadar menyentil pejabat lewat kunjungan ke PLN. “Saya menunggu presiden memenuhi janji untuk menghajar siapa saja yang menghambat investor, dalam hal ini rakyat,” ucapnya.

Blackout juga memaksa sejumlah warga pindah sementara ke hotel. Salah satu yang melakukannya adalah pasangan artis Zaskia Adya Mecca dan sutradara Hanung Bramantyo. Keduanya mengungsi ke hotel yang tidak jauh dari rumah mereka di kawasan Jakarta Selatan.

Zaskia mengaku terpaksa boyongan ke hotel karena harus pergi ke kondangan sepupunya malam itu. Sementara hatinya tidak tenang jika harus meninggalkan buah hatinya di rumah dalam kondisi tak ada penerangan serta air mati.

“Ada balita juga kan, kamar mandi gelap tidak ada air. Pukul 18.00 Minggu aku buka kamar sama Mas Hanung. Aku dengar kabar, listrik menyala pukul 20.30, tapi baru selesai dari acara kondangan pukul 22.00. Aku langsung jemput anak-anak,” papar perempuan kelahiran Jakarta, 1987, itu.

Ibu empat anak tersebut menyatakan, keluarganya bermigrasi ke hotel bukan karena manja tidak ada listrik. Lantas, mengapa tidak melanjutkan istirahat di hotel hingga Senin pagi? “Anak-anak harus sekolah di Senin itu. Kamar dilanjutkan (ditempati, Red) saudara-saudaraku,” imbuhnya.

Selama pemadaman listrik, Zaskia yang masih memberikan air susu ibu (ASI) tidak membuka freezer di rumah. Hal itu dilakukan supaya suhu freezer tetap terjaga. Dia menerangkan, simpanan ASI-nya masih terjaga dengan baik selama pemadaman tersebut.

Karena tidak ada listrik, air pompa juga terhambat mengalir. Sebagian warga tidak bisa mandi. Thomas Koe adalah salah seorang pekerja yang terpaksa berangkat kerja tanpa mandi. Pria yang berkantor di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, itu mengaku baru kali pertama mengantor tanpa mandi dulu. “Ya, mau gimana lagi? Biarin deh, sekali-sekali nggak apa-apa,” ucap penghuni kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, tersebut lalu tersenyum.

Sementara itu, Gunawan, mahasiswa di salah satu kampus swasta di Jakarta Barat, malah belum mandi sejak Minggu. Karena itulah, dia memilih bolos kuliah kemarin. “Nggak enak lah. Masak ke kampus dua hari belum mandi?” katanya lantas terbahak.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat, seluruh lampu merah di wilayah hukumnya tidak berfungsi ketika lampu padam Minggu lalu. Hingga berita ini ditulis tadi malam, masih ada 21 titik lampu merah yang belum optimal.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Mohammad Nasir menyebutkan, pihaknya menerjunkan 363 personel tambahan untuk membantu mengatur lalu lintas. Belum dipastikan kapan sisa lampu lalu lintas itu akan kembali menyala. “Ranah traffic light ini bukan di kami untuk memperbaikinya,” ucap dia.

Untung, kata Nasir, belum ada laporan kecelakaan lalu lintas akibat lampu lalu lintas yang tidak berfungsi. Namun, terjadi penumpukan kendaraan di lokasi lampu lalu lintas yang tidak menyala. “Terjadi penumpukan, tetapi kebanyakan traffic light yang belum menyala di wilayah pinggiran Jakarta. Jadi tidak begitu membuat dampak kepadatan kendaraan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya justru mencatat terjadinya 19 kasus kebakaran. Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono menerangkan, kebakaran terjadi di wilayah hukumnya. Di antara kejadian kebakaran itu, beberapa disebabkan lilin yang dibakar penghuni rumah. “Kalau yang disebabkan lilin ini tidak ada korban jiwa. Tetapi, ada kejadian kebakaran juga karena korsleting listrik,” ungkapnya.

Setidaknya ada dua kebakaran karena lilin di Kota Depok. Kebakaran pertama menimpa satu unit rumah di Jalan Dempo VI Nomor 111, Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Akibatnya, rumah milik korban bernama Herwan hangus terbakar beserta isinya dan satu unit sepeda motor. Lima unit mobil damkar diturunkan untuk memadamkan api. Kebakaran lainnya terjadi di RT 01 RW 14, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, yang menghanguskan satu kamar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana membenarkan adanya dua kejadian kebakaran saat terjadi pemadaman aliran listrik. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ucapnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona  - Gudang Berita Viral Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Madrid Pinjamkan Madrid Pinjamkan 'Messi Jepang' ke Mallorca
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool  - Gudang Berita Viral Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print