Senin, 26 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 22:00:16 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cegah Karhutla, Jokowi Perintahkan Jajarannya Patroli dan Deteksi Dini - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurutnya, pencegahan karhutla sangat penting dalam penanganan kebakaran. Upaya pencegahan dilakukan dengan patroli dan deteksi dini. 

“Penataan ekosistem gambut agar tetap basah dan membuat embung sehingga saat kemarau gambut tidak kering. Fase pencegahan menekankan juga menginstruksikan apabila terjadi api sesegera mungkin untuk pemadaman sebelum api membesar,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional  Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Selasa (6/8).



Operasi pemadaman tersebut, lanjut Jokowi, harus didukung penegakkan hukum oleh pihak kepolisian yang dinilai telah berjalan baik dan terus berlangsung secara konsisten. Belajar dari pengalaman 2015 lalu, kerugian karthula menyebabkan hingga Rp 221 triliun. Di samping itu, luas lahan terbakar mencapai 2,6 juta hektare.

“Kejadian ini jangan sampai terjadi lagi di seluruh wilayah Indonesia,” harap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengharapkan, karhutla tiap tahunnya harus turun dan tidak boleh ada peningkatan. Jika dibandingkan pada 2016, jumlah titik panas atau hotspot pada tahun ini mengalami penurunan.

Namun demikian, jumlah tahun ini apabila dibandingkan pada tahun sebelumnya naik. Jokowi pun meminta agar BNPB dan stake holder lainnya untuk cepat tanggap ketika melihat adanya karhutla.

“Apabila tahun 2019 ini mulai ada lagi asap yang mengganggu negara tetangga agar segera selesaikan dengan upaya yang maksimal. Sehingga kita tidak malu dengan negara tetangga yang kena dampak asap akibat kebakaran,” tegas Jokowi.

Untuk diketahui, merujuk data sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada hari ini Senin (6/8). Luas kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah sepanjang 2019 berjumlah 135.749 hektare. Luas kebakaran tertinggi antara lain di Nusa Tenggara Timur (71.712 ha), Riau (30.065), Kepulauan Riau (4.970), Kalimantan Selatan (4.670), Kalimantan Timur (4.430). 

Luas karhutla dihitung berdasarkan analisis citra satelit landsat 8 OLI/TIRS yang di-overlay dengan data sebaran hotspot, serta laporan hasil pengecekan lapangan terhadap hotspot dan laporan pemadaman yang dilaksanakan Manggala Agni.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 BPJS Dibantu China,Luhut Sebut Hanya Sebatas Saran  - Gudang Berita Viral BPJS Dibantu China,Luhut Sebut Hanya Sebatas Saran
Senin, 26 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pep: Silva Pemain Terbaik Yang Pernah Saya Lihat  - Gudang Berita Viral Pep: Silva Pemain Terbaik Yang Pernah Saya Lihat
Senin, 26 Agu 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pemprov Jabar Kirim Lima Ulama Dakwah ke Inggris  - Gudang Berita Viral Pemprov Jabar Kirim Lima Ulama Dakwah ke Inggris
Senin, 26 Agu 2019, 03:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print