Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 19:00:05 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Carrie Lam: Pencabutan RUU Ekstradisi Didukung Penuh Tiongkok - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemimpin Hongkong, Carrie Lam, menegaskan bahwa pemerintah Tiongkok memahami, menghormati, dan mendukung penuh pencabutan RUU Ekstradisi yang dinilai kontroversial. Lam sendiri pada Rabu (4/9), memutuskan untuk mencabut RUU Ekstradisi tersebut. Dan itu mengabulkan salah satu permohonan dari demonstran.

Seperti dikethui, RUU tersebut telah membuat Hongkong bergolak. Unjuk rasa marak dan dalam beberapa hari terakhir berakhir dengan kekerasan. Demonstrasi masif menentang RUU tersebut mengakibatkan korban jiwa dan ribuan aktivis ditangkap kepolisian Hongkong. RUU itu sendiri isi utamanya adalah memungkinkan tersangka kriminal Hongkong diekstradisi ke daratan Tiongkok. Tak pelak, hal itu membuat resah. Warga Hongkong tidak mau kebebasannya direnggut dan dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah pusat jika RUU itu sampai disahkan.



“Seluruh proses dari awal pembuatan undang-undang dan kemudian dicabut, pemerintah pusat (Tiongkok)menghormati keputusan saya. Mereka juga mendukung saya sepenuhnya,” sebut Lam seperti dilansir BBC.

Lam memang menegaskan putusan pencabutan RUU tersebut didukung penuh Tiongkok. Namun, seperti diketahui, hal itu belum menenangkan para pengunjuk rasa. Mereka mengatakan putusan itu sudah terlambat.

Maklum saja, sebelum diputuskan dicabut, pemerintah Tiongkok sempat menolaknya meski akhirnya melunak. Selain itu, Tiongkok telah memengaruhi Lam untuk tak mengabulkan empat tuntutan lainnya.

Sementara itu, Lam dalam pernyataan teranyar menegaskan selain mencabut RUU Ekstradisi juga menjanjikan tiga hal lain. Yakni penunjukan dua anggota baru di Dewan Pengaduan Polisi Independen (IPCC) yang ditugaskan untuk menyelidiki dugaan kebrutalan polisi. Kemudian akan melakukan dialog langsung dengan komunitas warga Hongkong. Terakhir, meminta kepada tokoh masyarakat, profesional, dan akademisi untuk memberikan saran kepada pemerintah dalam upaya menemukan solusi.

Terkait lamanya pengambilan keputusan mencabut RUU Ekstradisi, Lam meminta publik untuk tidak melihat keputusan secara terpisah, melainkan saling berkesinambungan. “Saya telah mengumumkan paket empat janji dan masing-masing janji itu memerlukan proses musyawarah,” ungkap Lam.

Hanya saja, tanggapan pengunjuk rasa ternyata di luar harapan Lam. Mereka mengatakan akan tetap turun ke jalan sampai semua tuntutan dipenuhi. “Carrie Lam, Anda harus memenuhi semua tuntutan aktivis,” sebut aktivis Joshua Wong lewat akun resmi Twitter-nya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Teknologi Modifikasi Cuaca Tak Efektif, Asap Masih Pekat - Gudang Berita Viral Teknologi Modifikasi Cuaca Tak Efektif, Asap Masih Pekat
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Rizal Ramli Diminta Ceramah di Festival Film Dunia  - Gudang Berita Viral Rizal Ramli Diminta Ceramah di Festival Film Dunia
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pelatih Barcelona Merasa Tertekan Sejak Awal Musim  - Gudang Berita Viral Pelatih Barcelona Merasa Tertekan Sejak Awal Musim
Selasa, 24 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print