Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 21:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cari Makan di Kebun Warga, Orangutan Dievakuasi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Tim rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) SKW II Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengamankan orangutan berbobot 90 kilogram. Primata berjenis kelamin jantan ini dievakuasi dari perkebunan warga di Gang Garuda, Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Bagendang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (30/8).

Orangutan dewasa berusia 25 tahun itu sejak dua bulan terakhir kerap terlihat berkeliaran di kebun yang ditanami buah-buahan, seperti buah nanas dan hasil kebun lainnya. Menurut Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi, keberadaan orangutan di kebun milik Tri, 42, tersebut terpantau kurang lebih 2 bulan terakhir.



Lantaran merasa terganggu dengan keberadaan primata yang dilindungi tersebut, ia melapor pada salah seorang anggota Manggala Agni, kemudian diteruskan kepada BKSDA SKW II Pangkalan Bun untuk ditindaklanjuti.

“Informasi tersebut dikoordinasikan dengan pimpinan, selanjutnya tim diarahkan untuk melakukan kegiatan rescue bersama OF-UK,” kata Dendi dikutip dari Radar Sampit (Jawa Pos Group), Minggu (1/9).

Setelah melakukan koordinasi, tim rescue BKSDA berangkat ke Kotim untuk melakukan kegiatan evakuasi pada pukul 23.00 WIB. Orangutan berhasil dilumpuhkan dengan tembakan obat bius sekitar pukul 01.00 WIB.

“Setelah berhasil dilumpuhkan, tim segera melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Orangutan tersebut. Pemeriksaan kesehatan lebih lanjut dilakukan di Sampit,” katanya.

Setelah beristirahat sejenak di Kotim dan melakukan pemeriksaan kesehatan, tim langsung menuju Pangkalan Bun pada pagi itu juga sekitar pukul 03.00 WIB. “Kami istirahatkan di kandang transit, dan rencananya hari ini (kemarin) akan kami lepasliarkan di Suaka Margasatwa (SM) Lamandau bersama OF-UK,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai - Gudang Berita Viral Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Penjaga Nafsu Kita  - Gudang Berita Viral Lima Penjaga Nafsu Kita
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit  - Gudang Berita Viral Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print