Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 06:00:09 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cara Mudah Kelola Dana Darurat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar soal dana darurat? Apakah Anda sudah memahami pengertian dari dana darurat tersebut? Dikutip dari Treasury.id, dana darurat merupakan alokasi keuangan yang digunakan untuk mencukupi berbagai kebutuhan dalam keadaan mendesak atau genting.

Dana darurat yang harus disiapkan bagi individu yang masih lajang adalah 6 kali dari pengeluaran bulanan. Sementara untuk individu yang baru menikah adalah 9 kali dari pengeluaran bulanan, sedangkan untuk yang sudah berkeluarga atau memiliki anak adalah 12 kali dari pengeluaran bulanan.



Untuk dana darurat, pastikan instrumen investasi yang Anda pilih bersifat likuid atau mudah dicairkan. Emas bisa jadi salah satu pilihan yang tepat, karena popularitas instrumen tersebut dan ketersediaan toko emas yang banyak.

Hiduplah dengan Sederhana
Ibarat roda yang terus berputar, begitu pula kehidupan. Anda tidak akan pernah bisa mengetahui, kapan berada di atas dan kapan mengalami masa sulit berada di bawah. Hal itu juga berlaku untuk kondisi keuangan Anda. Ada kalanya Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi semua kebutuhan, namun ada saatnya kendala datang dan membuat kondisi keuangan jadi terpuruk.

Untuk mengantisipasinya, Anda pun harus mengatur keuangan dengan baik termasuk menyiapkan dana darurat. Jadi saat hal-hal tidak terduga terjadi di masa depan, Anda tidak akan terlalu terpuruk karena memiliki dana darurat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut Beberapa Trik yang Dapat Anda Terapkan untuk Mengelola Dana Darurat

Siapkan Segera
Jangan karena merasa masih muda, Anda jadi menunda-nunda untuk menyiapkan dana darurat. Semuda apapun usia Anda, menyiapkan dana darurat harus segera dilakukan selama Anda siap dan mampu. Perlu diingat bahwa di masa yang akan datang, Anda tidak akan pernah bisa memprediksi kondisi keuangan. Jika di saat ini, keuangan terlihat baik-baik saja, di masa yang akan datang, bisa saja terjadi sesuatu di luar kendali Anda. Menyiapkan dana darurat bukan berarti membuat Anda meyakini sesuatu yang buruk pasti terjadi, namun diperlukan sebagai tindakan antisipasi.

Lakukan Pencatatan Anggaran
Untuk menentukan berapa besar anggaran yang bisa disimpan sebagai dana darurat, ada baiknya Anda melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran selama sebulan. Dengan mengetahui pendapatan dan pengeluaran per bulan secara pasti, Anda jadi bisa menentukan berapa persen pendapatan yang bisa disimpan sebagai dana darurat. Menurut para ahli finansial, idealnya setiap bulan Anda harus menyisihkan 10-20% pendapatan sebagai dana darurat.

Anggap sebagai Utang
Jika Anda terpaksa menggunakan dana darurat karena suatu kondisi tertentu, maka anggaplah sebagai utang. Dengan begitu, Anda akan memiliki dorongan untuk mengembalikannya. Hal itu pun secara natural membuat Anda lebih bertanggung jawab pada dana tersebut. Trik lain yang bisa Anda terapkan agar dana darurat tidak mudah terpakai adalah simpan dana tersebut di rekening khusus atau terpisah dari rekening utama Anda.

Jangan Konsumtif
Berusahalah untuk menahan diri dengan tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Hiduplah secara sederhana dengan membeli barang yang dibutuhkan saja. Dengan begitu, anggaran dana darurat yang disiapkan tidak terganggu dan justru semakin banyak jumlahnya.

Disiplin Menggunakan ATM
Cobalah untuk menanamkan dalam pikiran Anda bahwa ATM bukanlah dompet. Jadi, gunakan ATM di saat Anda benar-benar membutuhkan transaksi keuangan lewat mesin ATM, seperti transfer atau membayar tagihan bulanan. Berusahalah untuk menggunakan ATM di saat Anda membutuhkan dana dalam waktu cepat. Selebihnya, selalu bawa uang tunai sesuai kebutuhan.

Simpan Uang Receh
Banyak sekali orang yang mengabaikan nilai uang receh, padahal jika dikumpulkan, uang tersebut juga bisa digunakan seabgai dana darurat. Perlu diingat bahwa dana darurat tidak hanya bisa disisihkan dari penghasilan bulanan saja. Anda juga bisa menyisihkan bonus, insentif, tunjangan, dan bahkan uang kembalian dari belanja atau parkir yang biasanya berupa receh.

Evaluasi Keuangan
Setiap tahunnya, cobalah untuk mengevaluasi keuangan yang diperlukan, supaya Anda bisa mengetahui berapa dana yang benar-benar bisa disisihkan untuk dana darurat. Mengapa dilakukan setiap tahun? Sebab, setiap tahun kondisi keuangan Anda pasti mengalami perubahan. Saat pendapatan bertambah, adanya evaluasi membuat Anda bisa mengubah jumlah dana yang dapat disisihkan untuk keperluan dana darurat, sehingga jumlahnya pun menjadi lebih banyak.

Simpan dalam Bentuk Emas
Cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk memiliki dana darurat adalah dengan membeli perhiasan emas. Nilai emas cenderung mengalami peningkatan sehingga dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Jika suatu hari, Anda menghadapi kondisi darurat, perhiasan tersebut pun dapat langsung dijual untuk menghasilkan uang dan membiayai kebutuhan Anda. Selain itu, perhiasan ini juga bisa Anda gunakan sebagai pelengkap penampilan sehari-hari.

Buat Tabungan Rencana atau Deposito
Menyisihkan sebagian uang dari penghasilan untuk dijadikan dana darurat mungkin bukan sesuatu yang mudah bagi Anda. Apalagi, kalau Anda termasuk orang yang kurang disiplin. Namun jangan khawatir, untuk Anda yang memiliki karakter tersebut, Anda bisa membuka tabungan rencana atau deposito untuk menyimpan dana darurat. Tabungan rencana atau deposito akan mendebet dana dari rekening Anda secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyisihkan dana tersebut secara manual.

Manfaatkan Asuransi
Kalau Anda termasuk orang yang sulit atau malas menyisihkan uang, cobalah untuk ikut asuransi. Ada banyak asuransi yang bisa Anda ikuti, dari kesehatan sampai jaminan hari tua. Dengan ikut asuransi, penghasilan Anda akan otomatis didebet setiap bulan untuk membayar preminya. Jika sudah memiliki asuransi, saat mengalami sesuatu di luar dugaan seperti sakit atau kecelakaan, keuangan Anda bisa tetap stabil, karena ada asuransi yang menanggungnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Cara Mudah Kelola Dana Darurat

Tag: News



Pilot Tewas Gantung Diri, Polisi Dalami Surat Sanksi dari Maskapai - Gudang Berita Viral Pilot Tewas Gantung Diri, Polisi Dalami Surat Sanksi dari Maskapai
Kamis, 21 Nov 2019, 02:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Masuk Indonesia, Ini Harga Kamera Leica SL2  - Gudang Berita Viral Masuk Indonesia, Ini Harga Kamera Leica SL2
Kamis, 21 Nov 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ambon Kembali Diguncang Gempa M 2,8  - Gudang Berita Viral Ambon Kembali Diguncang Gempa M 2,8
Kamis, 21 Nov 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print