Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 13:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cara Membedakan Kain Batik Tulis, Cap, dan Printing - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Batik adalah salah satu magnet dan pesona Indonesia di mata dunia. Proses pembuatannya yang memakan waktu lama dan rumit membuat harga batik begitu tinggi. Pengajar Teknik Membatik di Museum Tekstil Sugeng Riadi menjelaskan proses membatik bahkan lebih rumit dari melukis.

Sugeng menuturkan, batik membutuhkan pengerjaan yang panjang mulai dari proses pewarnaan hingga penyelesaian. Makanya, sebagai perajin batik, Sugeng menyayangkan orang-orang yang lebih memilih membeli batik printing hanya karena harganya yang lebih murah.



“Sangat disayangkan jika belinya cukup mahal tapi ternyata itu kain printing. Semuanya harus tahu proses pembuatan batik. Kami yang bergerak di bidang penyuluhan proses batik harus memberikan edukasi ini,” jelas Sugeng.

Sugeng menjelaskan, di luar batik printing, dua jenis batik yang paling populer adalah batik tulis dan batik cap.

 

1. Batik Tulis
Batik tulis memiliki ciri khas yang artistik karena setiap motifnya lahir dari goresan tangan sang pembatik. “Goresan di batik tulis jika dilihat lebih teliti pasti ada yang tidak sama. Setiap goresan akan beda walaupun motifnya mengulang,” tegas Sugeng.

Selain itu, batik tulis biasanya selalu menyisakan aroma malam, atau lilin batik, yang digunakan untuk membuatnya. Untuk warna, Sugeng mengatakan bahwa batik tulis akan jauh lebih bagus jika dilengkapi dengan pewarna alami.

“Dari aroma kain biasanya masih tercium sisa malam. Motif dan pewarnaan tidak terlalu banyak warna,” katanya.

 

2. Batik Cap
Secara harga, batik cap jauh lebih murah ketimbang batik tulis. Proses pembuatannya pun juga lebih cepat. Namun, motif yang digambar di atasnya lebih rapi.

Walau begitu, motif batik cap biasanya menimbulkan kesan monoton karena terus menerus diulang. Sama seperti batik tulis, aroma malam pasti tersisa dari batik cap.

“Batik cap pengerjaan lebih cepat. Cuma 1 jam bisa selesai. Kalau batik tulis butuh waktu 1-3 bulan. Batik cap itu lebih rapi, tapi juga monoton. Kalau batik tulis lebih meliuk antara satu dan lain beda motifnya,” katanya.

 

3. Printing Motif Batik
Batik printing punya motif yang sangat detail dan banyak warna. Garisnya lebih sempurna dan terlalu rapi untuk sebuah batik. Karena hanya cetakan, proses pembuatannya jelas tidak melibatkan malam.

“Masing-masing punya pasar sendiri-sendiri. Kami yang berkecipung di batik asli, harus membuka cara berpikir masyarakat bahwa yang dikatakan batik itu jika proses pembuatannya menggunakan malam. Printing itu sebetulnya bukan batik karena proses pembuatannya tidak menggunakan malam,” kata Sugeng.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Tim Ekonomi Jokowi Jilid II Harus Bisa Cuci Piring  - Gudang Berita Viral Tim Ekonomi Jokowi Jilid II Harus Bisa Cuci Piring
Kamis, 17 Okt 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 LaLiga Minta El Clasico Jilid I Dipindah ke Madrid  - Gudang Berita Viral LaLiga Minta El Clasico Jilid I Dipindah ke Madrid
Kamis, 17 Okt 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Porsche 911 Generasi ke-8 Resmi Hadir di Indonesia  - Gudang Berita Viral Porsche 911 Generasi ke-8 Resmi Hadir di Indonesia
Kamis, 17 Okt 2019, 05:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print