Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 17:00:10 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Cara Iwet Ramadhan Merawat Batik Tulis dengan Merica dan Akar Wangi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Harus diakui, batik tulis memang memiliki harga yang masih cukup mahal dibandingkan dengan proses cap. Sebut saja, untuk batik tulis yang satu kali proses celup bisa dihargai sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta. Untuk itu, bagi Anda pencinta batik tulis, harus pandai dalam merawatnya.

Seperti dikatakan Pegiat Budaya dan Batik, Iwet Ramadhan. Merawat batik tulis tentu berbeda dengan batik cap atau print. Bukan karena dari sisi harganya yang mahal tapi memang melihat proses pembuatannya yang menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga, perawatannya tak semudah merawat kain pada umumnya.



Bahkan, karena prosesnya yang sangat alami, bisa saja batik tulis menjadi sasaran serangga seperti ngengat. “Batik itu kan dibuat dari materia alami. Katunnya beneran. Pewarnanya juga alami. Nah itu tuh makanannya ngengat,” ujar Iwet saat ditemui disela-sela peluncuran feeding set dan botol susu Pigeon bermotif batik di Jakarta, Rabu (2/10).

Iwet Ramadhan. (Nurul Adriyana/gudangberitaviral.com)

Nah, Iwet sendiri biasanya menggunakan merica butir dan akar wangi untuk menghalau ngengat merusak batik tulisnya. Caranya, ungkap Iwet, cukup sebar saja mericanya dan taruh akar wangi dalam lemari yang berisi kaian atau baju batik tulis.

“Supaya enggak dimakan ngengat dnegan wangi-wangian itu.” lanjut pria yang juga aktif sebagai penyiar radio.

Lalu, disamping itu, perlu juga diperhatikan cara mencucinya. Disarankan tidak menggunakan mesin cuci. Cukup dikucek menggunakan tangan agar menjaga warnanya.

“Sama gak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung, jadi harus ditempat yang teduh. Nah dicucinya bisa pakai sabun merang atau sampo bayi untuk menjaga warnanya,” tutupnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Bursa Saham AS Berakhir Naik Tajam  - Gudang Berita Viral Bursa Saham AS Berakhir Naik Tajam
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Emas Berjangka Turun 1%  - Gudang Berita Viral Harga Emas Berjangka Turun 1%
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Tahun Jokowi, Ekonomi Masih Banyak Merahnya  - Gudang Berita Viral Lima Tahun Jokowi, Ekonomi Masih Banyak Merahnya
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print