Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Burkina Faso Memanas, Konvoi Pembawa Bantuan Diserang Pemberontak - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemberontak di Burkina Faso semakin brutal. Teranyar, pada Minggu (8/9), konvoi yang membawa bantuan makanan kepada pengungsi korban pertempuran diserang. Konvoi yang sebagian menggunakan kendaraan roda tiga itu tak berdaya menghadapi pemberontak. Akibat serangan itu, 14 orang tewas.

Pada saat bersamaan, berjarak 50 km, sebuah truk yang mengangkut orang dan barang meledak di daerah Barsalogho. Pihak pemerintah Burkina Faso meyakini bahwa truk tersebut sengaja dipasangi bom yang diledakkan dengan timer. Akibat insiden tersebut, 15 penumpang tewas. Sebagian besar korban adalah pedagang.



Insiden memilukan dalam waktu bersamaan dan menewaskan 29 orang tersebut jelas mengejutkan. Pemerintah Burkina Faso mengutuk keras kejadian itu dan menegaskan pemberontak harus bertanggung jawab.

Selama ini, wilayah utara Burkina Faso memang kerap menjadi sasaran pemberotak. Mereka tak jarang menjarah bantuan yang dibawa dari pusat untuk para pengungsi. Mereka pun tak peduli yang membawa bantuan tersebut sehingga banyak warga sipil yang menjadi korban. Hal itu seperti disampaikan oleh juru bicara pemerintah, Remis Fulgance Dandjinou, seperti dilansir Al Jazeera.

“Insiden memilukan tersebut terjadi ketika upaya keamanan ketat sedang berlangsung di wilayah utara,” sebut Dandjinou. “Bala bantuan militer telah dikerahkan untuk mencegah serangan lanjutan ke wilayah tersebut. Kami tidak tinggal diam. Militer akan terus memburu pemberontak,” imbuh Dandjinou.

Burkina Faso, salah satu negara miskin di dunia, memang masih berjuang untuk menumpas pemberontak yang mulai mencuat sejak 2015 silam. Sasaran pemberontak adalah pihak tentara negara tersebut. Awal bulan ini, serangan pemberontak di sebuah pangkalan militer di Burkina Faso utara menewaskan 24 tentara.

Pemberontakan awalnya berasal dari negara tetangga Mali. Dimulai di utara dan kini menyebar ke timur. Ibu kota Ouagadougou telah diserang tiga kali, termasuk serangan Maret 2018 di markas militer yang menewaskan delapan orang.

Pertemuan puncak para kepala negara regional akan diadakan di Ouagadougou pada Sabtu (14/9) depan untuk membahas situasi keamanan di Burkina Faso. Pemerintah negara tersebut berharap bisa menumpas pemberontak agar kondisi bisa kondusif.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan  - Gudang Berita Viral Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat  - Gudang Berita Viral KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik  - Gudang Berita Viral Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print