Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 16:00:13 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bupati Gresik Sambari Halim Aktif Menguji Mahasiswa Pascasarjana Unair - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sebagai bupati, jadwalnya tentu berjibun. Namun, di tengah kesibukan birokrasinya, Bupati Sambari Halim Radianto juga memiliki kesibukan lain. Yakni, ikut aktif dan intensif menjadi penguji tesis dan disertasi di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair).



Sekelompok mahasiswa duduk rapi. Berderet di kursi ruang tunggu lantai 1 gedung Sekolah Pascarjana Unair. Baik putra maupun putri. Begitu Prof Suparto Wijoyo keluar dari ruangan, beberapa mahasiswa tersebut berdiri. Mereka mendekati guru besar yang juga menjabat ketua program studi magister sains hukum dan pembangunan (MSHP) itu.

Bersama Suparto, ada Sambari Halim Radianto. Keduanya mengenakan jas almamater Unair. Sejumlah mahasiswa MSHP itu berniat meminta tanda tangan Suparto sebagai dosen pembimbing. Suparto pun mengiyakan dan mau tanda tangan. Nah, di sela-sela mencari tatakan untuk tanda tangan, tiba-tiba Sambari membungkuk di depan Suparto. ”Wes tanda tangan di sini saja, Prof,” ungkap Sambari.

Pemandangan itu membuat mereka yang melihat tersenyum. Tanpa sungkan, Suparto menaruh lembaran kertas persetujuan dosen pembimbing tersebut ke punggung Sambari. Lalu, menggoreskan pulpennya di atas punggung. Beberapa orang yang hadir pun spontan nyeletuk. ”Walaupun sebagai bupati, doktor kan berada di bawah profesor,” ungkapnya. Ya, Sambari memang seorang doktor alumnus Unair.

Dalam beberapa pekan terakhir, Sambari kerap terlihat di gedung Pascasarjana Unair sambil mengenakan jas almamater. Maklum, dia menjadi dosen penguji. Baik mahasiswa S-2 maupun doktor. Bahkan, dalam sebulan ini setidaknya suami Hj Maria Ulfah itu telah menguji 10 mahasiswa pascasarjana. Ketika menguji, nada suaranya terkadang terdengar keras dari luar ruangan. Dia mengkritisi paparan yang disampaikan peserta yang diuji.

Sambari mengaku sangat menikmati ketika diminta untuk menguji tesis atau disertasi mahasiswa di Unair. Bahkan, dia selalu berupaya meluangkan waktu ketika mendapat undangan dari almamaternya. Bukan karena apa, dia juga ingin mendapatkan ilmu. ”Banyak sekali pengetahuan atau ilmu yang saya dapatkan,” katanya.

Bupati kelahiran Desa Lowayu, Dukun, itu sudah cukup lama ikut sebagai dosen penguji di Unair. Bahkan, pada 2016, Sambari ikut menguji disertasi Yuyung Abdi, salah seorang fotografer senior Jawa Pos. Saat itu, penguji dari luar lainnya adalah Dahlan Iskan. ”Minggu kemarin itu sampai menguji empat mahasiswa dalam sehari. Dari pagi mulai sore. Tapi, saya sangat menikmati. Sebab, ini bagian dari peningkatan SDM (sumber daya manusia),” ungkap Sambari.

Karena itu, Sambari sangat familier dengan para guru besar di Sekolah Pascasarjana Unair. Termasuk dengan Prof Suryanto, guru besar fakultas psikologi. Keduanya kemarin juga tampak asyik mengobrol di tengah jadwal menguji.

Suparto pun memberikan apresiasi terhadap keaktifan Sambari di kampus Unair selama ini. Di tengah kesibukan sebagai orang nomor satu di Gresik, dia selalu menyempatkan ketika diminta menjadi penguji. ”Kami juga menjalani kerja sama dengan banyak pemerintah daerah. Tapi, Pak Sambari ini memiliki kekhasan tersendiri. Ada gelora akademik dan gelora birokrasi. Tidak banyak kepala daerah yang seperti beliau,” ujarnya kepada Jawa Pos.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Chelsea Imbang Lawan Leicester City  - Gudang Berita Viral Chelsea Imbang Lawan Leicester City
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola  - Gudang Berita Viral Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet  - Gudang Berita Viral Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print