Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 28 Agu 2019, 16:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bukan Kalimantan Timur, ‎Gerindra Usulkan Ibu Kota Pindah ke Jonggol - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengusulkan pemindahan ibu kota pengganti DKI Jakarta yaitu Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini pun pemerintah terus mematangkan wacana tersebut. Namun, Partai Gerindra berpendapat lain. Yaitu mengusulkan ibu kota pindah ke Jonggol.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo menilai lebih cocok ibu kota dipindah ke Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Hal itu karena Jonggol lebih dekat dengan DKI Jakarta. “Kami sendiri mengusulkan bukan di Kaltim, di Jonggol. Kenapa harus ke Kaltim, kalau di Jonggol bisa, itu saran kami,” ujar Edhy kepada wartawan, Rabu (28/8).



Menurut Edhy, Presiden Indonesia ke-2 Soeharto pernah mengusulkan pemindahan ibu kota di lakukan di Jonggol. Sehingga sebaiknya wacana tersebut diwujudkan saja saat ini. “Dulu pernah diwacanakan di Jonggol. Kenapa tidak di Jonggol saja, tetapi sekali lagi itu hak prerogatif Presiden dan timnya dengan alasan-alasan,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon juga mengusulkan pemindahan ibu kota di Jonggol saja. Alasannya Jonggol juga masih banyak lahan kosong dan pemindahan ibu kota bisa jauh lebih mudah. “Jonggol itu split capital, lebih mudah infrastrukturnya tidak terlalu sulit. Jalan sudah ada, lahan masih ada,” katanya.

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) yang berada di jantung kota Jakarta, Selasa (27/8/2019). Pemerintah memutuskan akan memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Foto: Miftahulhayat/ Jawa Pos

Fadli mencontohkan seperti di Malaysia yang memindahkan ibu kota dengan jarak yang masih berdekatan antara Kuala Lumpur dengan Putra Jaya. Sehingga sebaiknya pemerintah mencontoh hal tersebut. Fadli berujar pemerintah juga perlu mendengarkan aspirasi dari masyarakat mengenai pemindahan ibu kota tersebut.

Sebab, kata Fadli, bisa saja niat Presiden Jokowi tersebut urung terlaksana apabila DPR tidak menyetujui adanya pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. “Jadi bisa saja tetap di Jakarta. Di situlah presiden mendengarkan rakyat, karena ini bukan raja kalau sudah menitah (semua menuruti),” pungkasnya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi sudah menentukan lokasi ibu kota baru yakni di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di sebagian Kabupaten Penajam PaserUtara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara. Kajian akademiknya juga telah dikirimkan ke DPR untuk dilakukan pembahasan.

Sementara, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan master plan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan rampung pada 2020. Namun, pembangunan diharapkan bisa dimulai akhir tahun depan. “Pada 2020 akhir mulai konstruksi, kami harapkan paling lambat 2024 proses pemindahan sudah dilakukan. Pemindahannya akan ada tahapannya, tentu nanti kami detailkan progres pembangunannya,” kata Bambang.

Pemerintah menargetkan mayoritas dana pembangunan ibu kota baru atau sekitar 54,6 persen akan dipenuhi melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Bambang menyatakan total dana yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota sekitar Rp486 triliun.

Dari KPBU, nilai proyek yang ditargetkan mencapai Rp 265,2 triliun. Selain itu, pemerintah akan mengandalkan dana khusus dari swasta sebanyak Rp 127,3 triliun atau 26,2 persen dan sisanya sebesar Rp 93,5 triliun atau 19,2 persen dari APBN.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Putra Daerah Papua Jadi Pangdam Cenderawasih - Gudang Berita Viral Putra Daerah Papua Jadi Pangdam Cenderawasih
Selasa, 17 Sep 2019, 14:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Nana Mirdad dan Andrew White Wawancarai Brad Pitt di Tokyo - Gudang Berita Viral Nana Mirdad dan Andrew White Wawancarai Brad Pitt di Tokyo
Selasa, 17 Sep 2019, 14:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Anies Kirim 65 Satgas Untuk Ikut Tanggulangi Karhutla - Gudang Berita Viral Anies Kirim 65 Satgas Untuk Ikut Tanggulangi Karhutla
Selasa, 17 Sep 2019, 14:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print