Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 18:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
BPOM Tekan Penyalahgunaan Obat Kedaluwarsa - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kasus obat kedaluwarsa masih marak. Pertengahan Agustus lalu warga Kamal Muara, Jakarta, dihebohkan dengan pemberian obat tersebut dari puskesmas kepada ibu hamil.

Kejadian di Kamal Muara itu menambah daftar kasus pemberian obat yang telah melewati masa berlaku kepada pasien. Tahun ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menemukan delapan perkara obat kedaluwarsa. Tahun lalu jumlahnya 21 kasus.



Selain itu, obat ilegal disinyalir berasal dari sampah obat yang dibuang sembarangan. Hal tersebut mendorong BPOM untuk menginisiatori gerakan Ayo Buang Sampah Obat di 14 kota secara serentak.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menuturkan, aksi itu merupakan bentuk komitmen lembaganya dalam upaya peningkatan kesehatan. “Gerakan ini dilatarbelakangi maraknya kasus peredaran obat ilegal dengan pemanfaatan obat-obat kedaluwarsa dan rusak. Termasuk, kemasan obat yang tidak termusnahkan secara baik,” jelas dia kemarin (1/9).

Pihak yang tidak bertanggung jawab, papar dia, menggunakan sampah obat sebagai bahan baku dan pelabelan ulang. Nah, lewat gerakan peduli sampah obat itu, BPOM bersama Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) mengedukasi masyarakat untuk waspada terhadap obat ilegal dan palsu. Obat tak layak minum harus dibuang. “Obat kedaluwarsa atau rusak sudah tidak memberikan efek terapi dan berbahaya jika digunakan,” tegasnya.

BPOM, lanjut dia, mengajak masyarakat belajar tentang cara membuang obat kedaluwarsa, obat sisa, dan obat rusak dengan benar. “Agar tidak disalahgunakan,” imbuh Penny.

Selain di Jakarta, gerakan tersebut diluncurkan serentak di 14 kota. Antara lain, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, dan Denpasar.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Engko Sosialine Magdalene menyatakan, pemberian obat kedaluwarsa tidak serta-merta disebabkan kelalaian atau kesengajaan petugas. Kemenkes sudah menerbitkan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas. Aturan itu seharusnya bisa menjadi pedoman.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai - Gudang Berita Viral Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Penjaga Nafsu Kita  - Gudang Berita Viral Lima Penjaga Nafsu Kita
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit  - Gudang Berita Viral Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print