Selasa, 22 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 13:00:07 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Boris Johnson Dapat Tambahan Sepekan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Proposal final Brexit dari Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ditolak. Namun, Uni Eropa (UE) masih memberi Inggris kesempatan untuk merevisi isi proposal tersebut. Menurut mereka, pemerintah harus mengajukan proposal yang memuaskan akhir pekan ini.

Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne sudah meneruskan ultimatum tersebut ke Johnson. Pemimpin negara yang sedang memegang jabatan presiden bergilir UE itu menegaskan bahwa 27 negara anggota harus dibuat puas dengan kesepakatan Brexit pekan ini. Dengan demikian, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) UE yang berjalan 17-18 Oktober nanti bisa berjalan lancar.



”Dia (Johnson) sudah setuju dengan jadwal yang saya berikan,” ungkap Rinne kepada Agence France-Presse.

Johnson memang sedang sibuk menelepon pemimpin negara Eropa Barat pekan lalu. Dia ingin anggota UE bisa mendukung proposal final Brexit yang baru saja diajukan. Namun, yang didengar bukan persetujuan, melainkan kritik dan masukan. ”Banyak pertanyaan yang muncul tentang usulan Inggris. Masih banyak yang harus dikerjakan sebelum KTT,” ungkap Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Sebelumnya, Johnson sangat berharap proposalnya bisa menarik hati UE. Sebab, garis besar proposalnya mirip dengan kesepakatan Brexit era Theresa May. Hanya, backstop (isu perbatasan Irlandia Utara) yang diedit pria 55 tahun itu.

Dalam proposalnya, dia meminta seluruh Inggris – termasuk Negara Bagian Irlandia Utara – keluar dari semua kelembagaan Uni Eropa. Namun, mereka akan mempertahankan standar dan aturan bea cukai di Irlandia Utara sama dengan serikat pabean UE. Johnson juga memberikan kebebasan terhadap parlemen Irlandia untuk menentukan ingin ikut mana, aturan UE atau Inggris, setiap empat tahun sekali.

Proposal itu sudah disetujui anggota Partai Konservatif dan Democratic Unionist Party (DUP). Namun, Uni Eropa menganggap hal tersebut mengganggu eksistensi pasar tunggal UE. ”Kami adalah satu kesatuan dengan ekosistem lengkap. Kita tetap membutuhkan pengecekan pada perbatasan,” jelas Kepala Negosiator UE Michel Barnier kepada The Guardian.

Jumat lalu (4/10) tim Barnier mengakhiri perundingan Brexit dengan tim David Frost tanpa hasil. Barnier merupakan salah satu tembok yang sulit ditembus Inggris. Dia menganggap Inggris memikul tanggung jawab penuh untuk membuat kesepakatan.

”Saya ingin tegaskan bahwa no deal (Brexit tanpa kesepakatan, Red) tak pernah menjadi pilihan Eropa. Itu adalah pilihan Inggris,” tegasnya

Menurut BBC, perundingan masih bakal berjalan pekan ini. Namun, UE sudah menegaskan bahwa Inggris harus memberikan pilihan beragam. ”Kita selalu terbuka terhadap semua kemungkinan. Tapi, akan susah jika Johnson bersikap take it or leave it,” ungkap Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins.

Menteri Brexit Inggris Stephen Barclay sudah memberikan sinyal positif untuk menjawab tuntutan UE. Dia mengatakan bahwa Inggris siap berkompromi dengan Uni Eropa untuk mencari titik tengah. ”Proposal terbaru Inggris merupakan landasan yang luas. Sekarang kita akan bernegosiasi secara intensif untuk memperjelas apa kesepakatan yang diinginkan,” ungkapnya.

Sayang, sinyal yang dikeluarkan Johnson berbeda. Dalam artikel Sunday Times, kekasih Carrie Symonds itu kembali menegaskan jargonnya. Inggris keluar dari UE 31 Oktober come what may (bagaimanapun juga). ”Kita akan keluar 25 hari lagi. Kita bisa membuat kesepakatan asal Uni Eropa memang menginginkan hal tersebut,” ujarnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tagih Penetapan BCB Benteng Kedung Cowek - Gudang Berita Viral Tagih Penetapan BCB Benteng Kedung Cowek
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Atalanta Tak Ingin Terlena dengan Pujian Guardiola  - Gudang Berita Viral Atalanta Tak Ingin Terlena dengan Pujian Guardiola
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 September 2019, Ekspor Honda BeAT Meningkat  - Gudang Berita Viral September 2019, Ekspor Honda BeAT Meningkat
Selasa, 22 Okt 2019, 23:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print