Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 31 Jul 2019, 15:00:08 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 BLI KLHK Dampingi Pembangunan M2HT Kalsel  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Banjarbaru - Pembangunan hutan kota Miniatur Hutan Hujan Tropika (M2HT) seluas 90 Ha yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tak terlepas dari dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Hutan Kota di Kalimantan Selatan ini mulai dirancang dan dibangun pada 2017 melalui pendanaan APBN KLHK seluas 25 ha, di lahan Perkantoran Sekretariat Daerah Pemerintah Kalimantan Selatan. Sebuah hamparan lahan yang tadinya terbuka dan gersang, namun saat ini seperti kita dapat saksikan bersama, menjadi hamparan pepohonan yang rindang dan menyejukkan," tutur Menteri LHK, Siti Nurbaya, saat menghadiri Serah Terima Hutan Kota dari KLHK ke Pemprov Kalsel, di Banjarbaru Kalimantan Selatan, Selasa (30/7/2019).



Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan, hutan kota M2HT merupakan wujud komitmen pemprov Kalsel, untuk melestarikan kekayaan hutan tropis di Kalimantan, serta upaya memperbaiki paru-paru dunia yang mulai rusak. Oleh karena itu, dalam perkembangannya hutan kota mulai ditanami jenis Ulin dan Meranti, sebagai jenis endemik wilayah Kalimantan. Sebelumnya, hutan kota ini didominasi tanaman fast growing species, seperti Mahoni, Trembesi, Jabon, dan Sengon.

Komitmen ini mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari Menteri Siti. "Hutan hujan tropis Indonesia merupakan kedua terbesar di dunia setelah negara Brazil. Saya kira ini sangat penting, dan saya menugaskan kepada kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, untuk terus mendampingi pembangunan MH2T," lanjut Menteri Siti bangga.

Salah satu aksi nyata dukungan KLHK terhadap M2HT, dalam acara ini Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (P3H) BLI KLHK, menyerahkan bantuan 10 jenis bibit tanaman meranti unggul hasil teknologi KoFFCoS (Komatsu FOERDIA Fogging Cooling Sistem) sebanyak 500 batang kepada Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Penyerahan bibit ini dilakukan secara simbolis oleh Menteri Siti kepada Gubernur Kalsel. Penyerahan bibit selanjutnya akan dilakukan bertahap, dari target penyerahan sebanyak kurang lebih 100 jenis tanaman Meranti.

Sementara itu, Kepala BLI KLHK, Agus Justianto, yang hadir mendampingi Menteri LHK, menuturkan, BLI akan memberikan panduan dan pendampingan dalam pemilihan bibit unggul untuk areal yang belum ditanam dan pendampingan dalam pemeliharaan tanaman. "Selain itu lessons learned dari program ini akan direplikasi pada daerah lain untuk membangun miniatur-miniatur hutan hujan tropika lainnya," lanjutnya.

Kegiatan pendampingan ini menurut Agus, turut mendukung pencapaian target BLI dalam penyebaran hasil litbang, karena tanaman yang ada berasal dari jenis-jenis unggul yang sesuai dengan kondisi lapangan. "Kami juga berharap terjalin kerjasama sejenis dengan Pemda yang lain, sehingga target program rehabilitasi hutan dan lahan dapat cepat tercapai," tambah Agus penuh semangat. [*]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Hari Ini Hongkongers Duduki Victoria Park - Gudang Berita Viral Hari Ini Hongkongers Duduki Victoria Park
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali
Respons KPK Atas Pesan Jokowi Terkait Pemberantasan Korupsi - Gudang Berita Viral Respons KPK Atas Pesan Jokowi Terkait Pemberantasan Korupsi
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali
Heboh Akar Bajakah, Kenali Ragam Pengobatan Alternatif untuk Kanker - Gudang Berita Viral Heboh Akar Bajakah, Kenali Ragam Pengobatan Alternatif untuk Kanker
Minggu, 18 Agu 2019, 11:00:23 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print