Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 18:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bikin Tumpeng dengan 3 Kuintal Salak untuk Sedekah Bumi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Layaknya sebuah pesta, acara sedekah bumi di Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, disambut meriah kemarin. Ribuan warga berjalan sejauh 1 kilometer, mengikuti arakan 9 tumpeng dalam berbagai bentuk yang dibikin tiap-tiap RW.

Namun, meski namanya tumpeng, makanan pelengkapnya tidak mesti nasi kuning. Salah satu tumpeng raksasa yang berbentuk kuda misalnya. Lapisan utamanya adalah salak. Tidak tanggung-tanggung, dibutuhkan 3 kuintal salak untuk bikin tumpeng modifikasi itu. Biaya yang dibutuhkan untuk tumpeng tersebut mencapai Rp 10 juta.



Perayaan sedekah bumi memang selalu dinanti warga Made. Kemeriahan acara itu tidak berbeda jauh dengan Idul Fitri. Warga yang merantau ke luar Surabaya pun berusaha mudik demi mengikuti acara tahunan tersebut. ”Ini ajang silaturahmi. Nuansa kekeluargaannya sangat kental. Acaranya dimulai Jumat (4/10) dan hari ini (kemarin, Red) puncaknya,” ucap Kamad, ketua panitia sedekah bumi di Kelurahan Made.

Kegiatan sedekah bumi tahun ini memang berbeda dari tahun lalu. Jumlah tumpeng yang dikirab lebih banyak, yakni sembilan. Semua memiliki ciri khas.

Aneka tumpeng itu diarak mulai kelurahan dan berakhir di punden yang disakralkan oleh masyarakat. Semua warga, termasuk pengunjung, tumpah ruah di area pesarean. Setelah doa bersama, tumpeng dari hasil panen itu langsung dijadikan rebutan.

Ketua RW 01 M. Haryanto mengatakan, pembuatan tumpeng berbentuk kuda setidaknya butuh waktu dua minggu.

Plt Camat Sambikerep Achmad Zaini mengungkapkan, upacara adat seperti itu harus tetap dijaga. Sebab, kegiatan seni budaya bisa menyatukan warga.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak - Gudang Berita Viral Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan - Gudang Berita Viral Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober - Gudang Berita Viral Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print