Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 31 Jul 2019, 20:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Besok Sidang Perdana, Ini Kilas Balik Gugatan Polusi Udara di Jakarta - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Persoalan tingginya polusi udara di Jakarta memasuki tahap baru. Besok, Kamis (1/8) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akan menggelar sidang perdana terkait gugatan 31 warga Jakarta yang tergabung dalam Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota).

Gugatan warga negara atau citizen lawsuit ini didaftarkan mereka pada 5 Juli 2019. Dasar aduannya atas ketidakpuasan dengan kualitas udara di DKI Jakarta yang dianggap terlalu berpolusi.



Ada 5 lembaga yang digugat oleh kelompok warga ini. Yaitu Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri dan Gubernur DKI Jakarta. Sebagai pihak yang turut tergugat adalah Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten.

Kelompok ini menganggap para tergugat telah abai terhadap hak warga negara menghirup udara sehat di Jakarta. Dengan polusi yang begitu tinggi, pemerintah dianggap belum melakukan langkah konkrit untuk menanggulanginya.

Permasalahan polusi tercatat pertama kali mencuat setelah situs penyedia peta polusi daring kota-kota besar dunia, AirVisual menempatkan kualitas udara di DKI Jakarta menjadi salah satu yang terburuk di dunia. Hal itu berdasarkan pengamatan pada Selasa (25/6) pukul 08.00 WIB angka polusi disebutkan mencapai 240 (very unhealthy). Sedangkan pada hari ini pukul 09.00 WIB mencapai 168 (unhealthy).

Menurut ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup, ISPU di Indonesia dibagi dalam 5 tingkatan. Yakni Baik (0-51), Sedang (51-101), Tidak Sehat (101-199), Sangat Tidak Sehat (200-299), Berbahaya (300-3000).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaggapi santai terkait persidangan besok. Baginya sudah biasa pemprov mendapat gugatan dari berbagai pihak. “Biasa saja seperti gugatan lain, DKI rutin ya terima gugatan itu,” ujar Anies di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

Anies sendiri tak menampik jika kondisi udara di Jakarta sedang tidak bagus. Pasalnya musim panas tengah menerpa ibu kota dan wilayah sekitarnya. Namun, pemprov tetap memikirkan bagaimana solusi terbaik. Untuk saat ini strategi itu belum dapat diungkap sebab masih dalam pembahasan bersama.

“Anda hafal kebiasaan saya, saya tidak ngomong parsial. Kalau sudah lengkap kita umumkan langkah-lengkap yang akan kita gunakan untuk menangani ini,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Anies pernah menyampaikan sebagai kota pusat perekonomian dan pemerintahan, kegiatan dan polusi di DKI bagian dari sebab dan akibat. Oleh karena itu untuk menguranginya, semua pihak termasuk warga yang mengajukan gugatan diminta agar mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sebab, emisi kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor polusi udara.

“Teman-teman kita yang melakukan tuntutan hukum itupun kita semua senyatanya ikut melakukan kontribusi pada penurunan kualitas udara. Kecuali udah pada naik sepeda semua itu lain,” ucapnya.

Untuk memperbaiki kualitas udara di ibu kota, pemprov dalam waktu dekat berencana menyiapkan alat-alat ukur kualitas udara. Sampai dengan sekarang alat ukur yang dimiliki DKI baru bisa melihat 10-15 titik. Angka ini dianggap masih kurang apabila dibandingkan dengan luas wilayah dan total penduduknya.

Selain itu, pemprov juga akan tegas terhadap kendaraan bermotor yang tidak ramah lingkungan. Pemprov akan menerapkan uji emisi bagi seluruh kendaraan mulai 2020 mendatang. “Tahun depan kita akan mulai dengan pengendalian emisi kendaraan bermotor. Akan ada uji emisi dan kendaraan yang beroperasi di Jakarta baik dari luar Jakarta maupun dari warga Jakarta harus lolos uji emisi,” jelas Anies.

Bagi kendaraam yang tidak lolos uji emisi dan nekad beroperasi, pemprov menyediakam sanksi tegas berupa pengenaan biayaa parkir yang lebih mahal. Ataupun berupa disinsentif pajak. Dengan langkah ini diharapkan polusi udara terutama yang bersumber dari gas buangan kendaraan bermotor bisa ditekan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan - Gudang Berita Viral PDIP Baru Putuskan Ketua DPRD Surabaya pada Akhir Bulan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan - Gudang Berita Viral Situasi Papua Mulai Kondusif, Polri Tetap Tambah Personel Pengamanan
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta - Gudang Berita Viral Begini Kronologi OTT Jaksa Terkait Suap Proyek Dinas PU Jogjakarta
Selasa, 20 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print