Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 20:00:07 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
BEM ITS: Butuh Diskusi Terbuka Pemerintah, Mahasiswa, dan Masyarakat - Gudang Berita Viral

Deretan aksi mahasiswa belakangan terjadi hampir di sejumlah kota besar. Mahasiswa menyuarakan tuntutan menolak pengesahan sejumlah RUU yang dianggap kontroversial. Berikut perbincangan wartawan Jawa Pos Septinda Ayu Pramitasari dengan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya M. Luthfi Hardiawan, Senin (30/9).



Bagaimana pendapat Anda tentang maraknya aksi mahasiswa akhir – akhir ini?

Ini bentuk keresahan kami atas berbagai macam isu di Indonesia. Pemerintah dan DPR seharusnya mendengarkan apa yang menjadi keresahan tersebut. Kenyataannya, yang terjadi saat ini belum sesuai dengan kehendak masyarakat.

Mengapa mahasiswa akhirnya harus turun ke lapangan?

Indonesia negara demokrasi. Rakyat mempunyai hak untuk bersuara. Keresahan kami, khususnya keluarga mahasiswa ITS, terkait dengan disahkannya revisi UU KPK yang dinilai melemahkan KPK ini sudah tidak bisa didiamkan saja. Ada lagi rencana UU yang meresahkan masyarakat. Hal itulah yang akhirnya memantik rasa seluruh elemen masyarakat untuk tergerak menyuarakan keresahan bersama.

Apa pandangan Anda tentang UU kontroversial yang saat ini ramai diperbincangkan?

RUU kontroversial itu telah membuat masyarakat resah. Salah satunya adalah UU KPK yang telah mendapat banyak sorotan. Namun, masih disahkan juga. Tidak tertutup kemungkinan RUU lain yang kontroversial juga akan disahkan ketika masyarakat tidak segera bersuara.

Seberapa besar pengaruh aksi mahasiswa terhadap pemerintah?

Menengok sejarah, gerakan-gerakan pemuda, khususnya mahasiswa, berhasil membuat perubahan kebijakan publik. Kami harapkan, berbagai macam aksi mahasiswa juga bisa memengaruhi kebijakan publik di pusat.

Apakah pemerintah sudah memfasilitasi dengan baik suara mahasiswa?

Belum. Sebaiknya pemerintah tidak hanya memfasilitasi mahasiswa, tetapi juga melakukan pertemuan terbuka dengan mahasiswa dan masyarakat. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Sinergi PHM dan Elnusa Garap Cementing Sumur Rawa  - Gudang Berita Viral Sinergi PHM dan Elnusa Garap Cementing Sumur Rawa
Minggu, 20 Okt 2019, 03:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Trio MSG Barcelona Mulai Unjuk Gigi  - Gudang Berita Viral Trio MSG Barcelona Mulai Unjuk Gigi
Minggu, 20 Okt 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ini Dia Banana Phone, Gadget Unit Berbentuk Pisang  - Gudang Berita Viral Ini Dia Banana Phone, Gadget Unit Berbentuk Pisang
Minggu, 20 Okt 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print