Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 09 Sep 2019, 17:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Beli Air Galon hingga Ngungsi karena Air PDAM Surabaya Belum Mengalir - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dampak pemasangan pipa jaringan PDAM di Yos Sudarso masih terasa kemarin. Air belum mengalir ke rumah pelanggan di kawasan terdampak. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan air tersebut. Mulai membeli air isi ulang, menimba sumur tetangga, hingga mengungsi ke rumah orang tua.

Misalnya, pantauan Jawa Pos di air isi ulang Jalan Sunaryo Gondokusumo 25 pukul 10.20 kemarin. Sebanyak 15 orang mengantre di lokasi itu. Sambil berdiri di samping galon kosong masing-masing, mereka sabar menunggu.



Antara lain, Dimas. Karyawan rumah makan di Jalan Jaksa Agung Suprapto tersebut sudah menunggu sekitar 15 menit. Dia bersama rekannya membawa tiga galon untuk dibawa ke restoran. ’’Ini tiga. Kemarin sudah ngisi lima galon,’’ tuturnya. Air di rumah makan tempatnya bekerja habis sejak Sabtu sore. Air digunakan untuk memasak, mencuci tangan, dan mandi oleh karyawan. Dia mengatakan, sebelumnya, semua kebutuhan tersebut menggunakan air PDAM.

Hal sama dilakukan Sumantri. Pria 50 tahun itu membeli dua galon untuk air minum dan kebutuhan memasak. Dia mengungkapkan, di rumahnya, Peneleh Gang 1, air PDAM tidak mengalir sejak Sabtu sore. ’’Akhirnya, tadi pagi (kemarin, Red) mandi pakai air sumur tetangga,’’ ucapnya. Beruntung, tetangganya berbaik hati menyediakan air sumur itu secara gratis. Meski demikian, dia harus mengantre dengan tetangga lain yang nasibnya serupa. Mereka kebingungan mencari air karena air PDAM mampet.

Oscar Reza, 45, mengalami hal serupa. Warga Tegalsari tersebut sebelumnya tidak mengetahui air PDAM di wilayahnya akan macet akibat pemasangan jaringan di Jalan Yos Sudarso. ’’Tidak ada pemberitahuan dari PDAM soal ini,’’ ungkapnya.

Kondisi itu membuatnya tidak melakukan persiapan matang. Pada Sabtu sore, masih ada air di kamar mandinya. Minggu pagi airnya sudah habis. Hal tersebut membuatnya panik karena anak-anaknya kebelet BAB. ’’Akhirnya tanpa disiram air ini,’’ katanya.

Yang membuat Oscar tambah jengkel adalah jawaban petugas ketika dirinya menghubungi call center PDAM. ’’Setelah saya telepon, petugas malah bilang tidak bisa. Katanya, pesanan sudah overload,’’ ujarnya.

Kondisi tersebut membuat dia dan dua anaknya mengungsi ke rumah orang tuanya di wilayah Jemursari. Di sana tidak terdampak pembangunan jaringan pipa. Sebelumnya, dia sempat datang ke musala di sekitar rumahnya untuk mendapatkan air. Tetapi, ternyata musala juga kehabisan. ’’Saya datang ke SPBU. Airnya juga habis,’’ ungkapnya.

Hotel Beli Air, RS Efisiensi

Hotel dan rumah sakit di area yang terdampak berupaya mengisi kekurangan air dengan tangki panggilan. Public Relations Manager Garden Palace Hotel Surabaya Riskha Sandhi Baskoro mengaku telah menambah empat tangki air sampai kemarin sore (8/9). Perinciannya, 2 tangki pada hari pertama (7/9) dan 2 tangki kemarin. Pihak Hotel sempat menanyakan kondisi tersebut kepada PDAM. ’’Katanya memang ada gangguan genangan air, belum dipastikan hingga pukul berapa,’’ katanya.

Hal yang sama dilakukan Hotel Mercure Mirama di Jalan Darmo. Chief Engineering Mercure Grand Mirama Agus Perabowo mengatakan, sampai kemarin sore, pihak hotel menambah hingga enam tangki air. Pihak hotel mengaku membelinya dari PDAM dan pihak swasta. ’’Di akhir pekan, kami menjadi jujukan untuk restoran dan beberapa acara keluarga, pasti kami jaga suplai air agar selalu aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Humas Rumah Sakit Darmo Mitra Dasman mengungkapkan bahwa pihak rumah sakit berusaha melakukan efisiensi air. ’’Digunakan seperlunya agar tidak cepat habis,’’ tuturnya. Untuk penambahan tangki air, Mitra tidak mengetahui persis jumlahnya. Dia memastikan stok air aman. ’’Selama ini, jika terjadi gangguan air, kami tidak pernah sampai kehabisan,’’ jelasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print