Jumat, 22 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 01 Nov 2019, 08:00:03 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : Life Style
 Belanja Daring Bebas Resiko, Simak Tips Ini!  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Jakarta - Perkembangan internet di era digital belakangan ini turut membawa perubahan di berbagai bidang. Tak terkecuali sektor gaya hidup dengan hadirnya online shopping atau toko daring yang menjamur.

Meski mudah, praktis dan banyak menawarkan keuntungan dari segi harga namun belanja online alias daring juga cukup beresiko.

Pedagang online yang jumlahnya menjamur muncul karena banyaknya permintaan dari penggila kegiatan online shopping yang terus meningkat. Popularitas online shopping semakin meningkat di Indonesia semenjak keberadaan internet mulai merambah ke seluruh daerah di Indonesia. Meskipun belum merata, keberadaan internet di kota-kota besar sudah sangat mudah dijangkau terutama daerah Pulau Jawa.



Dilansir dari situs sayaajarkan, faktor meledaknya keberadaan toko online itu adalah bertambahnya pengguna internet sehingga banyak orang yang ingin menggunakannya untuk melakukan online shopping. Online shopping di tahun itu memang belum menjadi pilihan utama karena banyak kasus buruk terjadi karena banyaknya oknum tidak bertanggung jawab. Seiring perjalanan waktu, toko-toko online yang menjamur tersebut mulai berkumpul dalam satu situs online shopping. Ketika beragam situs untuk mengelola toko online tersebut mulai terbentuk, masyarakat mulai menyadari kemudahan untuk berbelanja online, hingga akhirnya menjadi ketagihan.

Tingkatkan Ketelitian Ketika Melakukan Online shopping

Bagi pemula, melakukan online shopping mungkin merupakan kegiatan yang cukup menakutkan karena berbelanja secara online sangat berbeda dengan berbelanja dengan cara konvensional. Ketika berbelanja secara online, Anda tidak akan bisa melihat dan menyentuh langsung benda yang Anda inginkan. Bagi pemula, hal ini bisa menjadi momok tersendiri. Akan tetapi, Anda bisa mengatasinya bila bisa lebih teliti dan tegas ketika akan memilih produk di toko online. Ketika akan memilih barang di toko online, ketelitian adalah hal yang paling utama. Jadi, Anda tidak boleh gegabah untuk memutuskan produk yang akan dibeli.

Produk online itu banyak sekali jenis dan harganya. Maka dari itu, tentukan bujet yang Anda miliki ketika akan membeli suatu produk. Setelah menentukan bujet dan jenis produk, Anda bisa langsung mencari di toko online atau situs online shopping yang menyediakan beragam jenis produk. Berikutnya, hal pertama yang perlu Anda cek adalah penilaian pelanggan secara umum terhadap toko tersebut. Jika banyak pelanggan yang memberi nilai baik, maka Anda bisa memutuskan untuk memilih produk tersebut. Akan tetapi, Anda patut melihat pemberian nilai buruk juga oleh pelanggan lain yang mungkin memberikannya untuk melihat sisi buruk dari toko tersebut. Jika Anda bisa menoleransi kekurangannya tersebut, Anda bisa langsung memilih produk dari toko itu.

Perhatikan Media Belanja yang Anda Gunakan

Di era internet yang merambah dari berbagai sisi sekarang ini, banyak media yang bisa digunakan tempat berjualan. Media yang paling umum adalah media sosial dan juga aplikasi atau situs khusus. Di media sosial, jumlah toko online di Indonesia ratusan ribu jumlahnya. Maka dari itu, ketika memilih tempat berbelanja di media sosial ini, pastikan toko online tersebut terpercaya. Toko online yang terpercaya, umumnya sudah di-endorse oleh public figure terkenal, mulai dari youtuber hingga artis Indonesia lainnya. Anda bisa memilih toko yang sudah dipercaya oleh idola Anda karena toko tersebut kemungkinan besar aman.

Model penjualan di media sosial adalah salah satu jenis media yang bisa dinikmati oleh penjual dan pembeli mana pun sehingga Anda benar-benar harus hati-hati untuk memutuskan jenis toko yang Anda percayai. Hal itu tidak akan menjadi masalah serius jika Anda memang memiliki hobi untuk berbelanja online. Akan tetapi, jika Anda masih pemula, media yang berbasis aplikasi atau situs adalah media yang lebih cocok untuk Anda. Sistem penjualan di situs atau aplikasi sudah memakai perantara “orang ketika” ketika transaksi. Maka dari itu, jika barang Anda belum sampai atau mengalami kecacatan, uang yang sudah Anda setor tidak akan dilepas ke penjual.

Dengan begitu, Anda tidak akan perlu was-was karena takut kecewa dengan wujud asli barang.

Jenis dan Detail Produk yang Anda Beli Perlu Mendapatkan Perhatian Khusus

Agar Anda tidak kecewa dengan barang yang Anda pesan, baik dari variasi maupun kualitasnya, Anda perlu memperhatikan dengan cermat beberapa hal. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jenis produk yang Anda inginkan. Ketika membeli secara online, barang yang paling aman untuk dibeli adalah barang yang tidak membutuhkan ukuran khusus. Beberapa jenis produk tersebut di antaranya, kerudung, topi, jaket pria, mukena, dan lain sebagainya. Ketika membeli barang yang tidak memiliki ukuran khusus, selain melihat dari ulasan pembeli, Anda cukup melihat dari bahan dasar benda tersebut dan juga varian yang Anda inginkan.

Hal tersebut berbeda ketika Anda membutuhkan untuk membeli produk dengan ukuran khusus. Beberapa produk yang membutuhkan ukuran khusus seperti meja, kursi, sepatu atau pun baju perlu Anda perhatikan lebih detail lagi. Untuk itu, Anda bisa mengukur dulu tempat yang digunakan untuk meletakkan atau tempat untuk memakainya. Setelah itu, barulah Anda bisa menanyakan tentang detail produk dan juga bahan dasar dari produk tersebut. Sangat penting juga untuk memastikan jenis bahan dasar dari produk yang dipakai di badan karena produk tersebut akan langsung berakibat pada kenyamanan Anda. Jika Anda sudah memperhatikan bagian detail produk tersebut, Anda akan lebih puas ketika belanja online bahkan bisa saja ketagihan, lho.

Kebijakan Situs atau Toko Online Patut Anda Perhatikan

Ketika akan melakukan pembelian itu artinya sama dengan ketika Anda akan menyepakati semua hal dari penjual. Maka dari itu, Anda tidak bisa sembarangan untuk menyepakatinya. Umumnya, masing-masing toko atau situs penyedianya memiliki peraturan khusus mengenai pengepakan, pengiriman, hingga pengembalian produk. Dengan demikian, memahami semua hal itu menjadi penting. Sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut, Anda bisa memperhatikan keberadaan voucher yang disediakan oleh toko online sehingga Anda bisa mempertimbangkan harganya juga.

Kebijakan mengenai pengiriman dan pengembalian juga sangat penting untuk memastikan produk Anda sampai dengan selamat. Untuk beberapa barang yang bukan termasuk barang pecah belah atau barang yang tahan goncangan tentu bukan hal yang sulit. Akan tetapi, jika Anda membeli barang yang rentan terkena masalah dalam pengiriman, kebijakan masalah pengiriman dan pengembalian produk perlu Anda baca dengan baik supaya ketika ada permasalahan dengan barang yang Anda pesan, Anda tidak rugi.

Mencari Metode Pembayaran Aman? Ikuti cara Ini!

Selain dari jenis barang dan cara pengirimannya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah metode pembayaran. Metode pembayaran ini sangat penting karena setelah membayar tentunya Anda sudah melepaskan uang Anda, ya. Toko atau situs online shopping sekarang ini banyak menyediakan metode pembayarannya. Jenis pembayaran yang paling umum adalah pembayaran di ATM, mobile, di merchant tertentu, bahkan ada jenis bayar di tempat atau sering disingkat dengan COD. Dari semua jenis pembayaran tersebut, proses pembayaran via COD sebenarnya paling aman. Hanya saja, tidak semua toko menyediakan metode pembayaran yang satu ini. Karena tidak semua toko menyediakan pembayaran via COD, Anda bisa memilih alternatif pembayaran lain. Pembayaran paling aman berikutnya adalah sistem pembayaran yang melibatkan “orang ketiga”.

Pembayaran via orang ketiga ini biasanya bisa dilakukan melalui situs atau web online shopping resmi. Nah, jika Anda ingin mencoba berbelanja di toko asli, Anda perlu untuk memperhatikan kredibilitas dari toko yang Anda pilih, ya. Jika toko tersebut sudah dipercaya, Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM atau mobile. Hanya saja, cobalah hindari untuk berbelanja dengan kartu kredit. Untuk mencantumkan nomor dari kartu kredit tidak bisa sembarangan karena nomor itu bisa saja disalahgunakan.  [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Belanja Daring Bebas Resiko, Simak Tips Ini!

Tag: News



 Gracia Billy, Si Penjual Kue Kini Stafsus Presiden  - Gudang Berita Viral Gracia Billy, Si Penjual Kue Kini Stafsus Presiden
Jumat, 22 Nov 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KPPU: Lanjutkan Wajib Tanam Importir Bawang Putih  - Gudang Berita Viral KPPU: Lanjutkan Wajib Tanam Importir Bawang Putih
Jumat, 22 Nov 2019, 03:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Mourinho Tak Membutuhkan Pemain Baru di Tottenham  - Gudang Berita Viral Mourinho Tak Membutuhkan Pemain Baru di Tottenham
Jumat, 22 Nov 2019, 03:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print