Jumat, 22 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 05 Nov 2019, 19:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Bea Cukai Dukung Calang Pusat Konektivitas Laut  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Banda Aceh - Bea Cukai Aceh mendukung rencana pemerintah daerah Aceh dalam mengembangkan dan mengaktifkan Pelabuhan Calang sebagai pusat konektivitas laut dengan wilayah Teluk Bengal.

Dukungan ini terwujud dalam kehadiran Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Irwantoro, dalam acara Pertemuan Pembukaan Dagang laut Calang-India-Birma yang mengambil topik “Rencana Aksi Peningkatan Pelabuhan Calang sebagai Pusat Konektivitas Laut dengan Wilayah Teluk Bengal”, pada Senin (4/11/2019).



Di acara yang juga dihadiri Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Bupati Aceh Jaya, dan Dinas Perhubungan Laut Provinsi Aceh, Isnu menyampaikan dukungannya dalam pengembangan potensi Calang. “Calang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Aceh Jaya yang terletak di kawasan pesisir barat Provinsi Aceh menghadap langsung ke Samudra Hindia. Karena alasan ini dan potensinya, kami mendukung pemerintah daerah Aceh yang memiliki rencana pengembangan dan aktivasi Pelabuhan Calang. Diharapkan hal tersebut dapat berdampak positif terhadap perekonomian Wilayah Barat Selatan Aceh,” kata Isnu.

Ia juga menyebutkan, Pelabuhan Calang merupakan pelabuhan yang sangat strategis jika dilihat dari letak geografis untuk melayani jasa angkutan laut yang ditujukan bagi berbagai aktivitas ekonomi regional maupun global. Di samping itu, Pelabuhan Calang juga bisa disebut sebagai infrastruktur utama dalam mendukung rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Wilayah Barat Selatan Aceh.

KEK merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu. Tujuan utama pengembangan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemertaan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa.

KEK dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi dan berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.  Kehadiran KEK diharapkan membangun kemampuan dan daya saing ekonomi pada level nasional melalui industri- industri dan pariwisata bernilai tambah dan berantai nilai.

 “Sehingga rencana perwujudan Pelabuhan Calang sebagai pusat konektivitas laut yang menghubungan Aceh dengan Wilayah Teluk Bengal merupakan langkah baik untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Aceh. Keberhasilan melakukan ekspor dari pelabuhan di Kabupaten Aceh Jaya akan berdampak secara luas terhadap pembangunan ekonomi di Aceh,” tambah Isnu. [*]




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Bea Cukai Dukung Calang Pusat Konektivitas Laut

Tag: News



OECD Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global jadi 2,9 Persen - Gudang Berita Viral OECD Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global jadi 2,9 Persen
Jumat, 22 Nov 2019, 17:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tous Les Jours Cabut Papan Aturan Bernuansa SARA - Gudang Berita Viral Tous Les Jours Cabut Papan Aturan Bernuansa SARA
Jumat, 22 Nov 2019, 17:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali
Urus Izin Investasi Cukup ke BKPM, Tak Perlu Lagi Keliling - Gudang Berita Viral Urus Izin Investasi Cukup ke BKPM, Tak Perlu Lagi Keliling
Jumat, 22 Nov 2019, 17:00:12 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print