Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 06 Sep 2019, 18:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
BDI Targetkan 100 Ribu Peserta Pengentasan Pengangguran - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Angka pengangguran di Ibu Kota masih cukup tinggi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menekan angka pengangguran tersebut. Seperti di tingkat Pemerintah Kota, berbagai program seperti Pembangunan Kewirausahaan Terpadu (PKT), pelatihan mengemudi dan lainnya.

Tidak hanya pemerintah, beberapa instansi juga melakukan hal serupa. Seperti Balai Diklat Industri yang berlokasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Ada sebanyak 300 peserta yang mengikuti pelatihan di Balai Diklat Industri tersebut. Hasilnya, ratusan peserta dari berbagai daerah itu lulus dengan kualifikasi sesuai permintaan perusahaan bertaraf nasional dan internasional.



Adanya pelatihan diklaim dapat mengurangi angka pengangguran secara signifikan. Tercatat, pada tahun ini Badan Pengembangan SDM Industri menghasilkan 72 ribu peserta yang mengikuti program 3 in 1. Program tersebut  tersebar di 7 Balai Diklat Industri (BDI) se-Indonesia.

“Tahun ini BDI sudah menghasilkan 72 ribu mengikuti program ini. Khusus untuk BDI Jakarta kita di programkan sebanyak 10.300 peserta dan ini angkatan ke 24,” terang Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Joni Afrizon, Jum’at (6/9).

Joni mengklaim, pada tahun 2019 sudah sekitar 94 persen peserta yang mengikuti pelatihan di BDI tersalurkan ke berbagai perusahaan di tanah air. Joni menuturkan, siapa saja dapat mengikuti pelatihan ini. Bahkan ia menjamin para peserta pelatihan akan langsung mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang dan kebutuhan perusahaan.

“Sebelum pelatihan, kita sudah diminta oleh industri untuk memenuhi kualifikasi kerja. Hari ini 300 orang, mereka sudah mendapatkan kualifikasi dari industri langsung tersalurkan dari BDI ke perusahaan,” katanya.

Keberhasilan ini membuat BDI akan melakukan program pengentasan pengangguran di tahun berikutnya dengan menargetkan 100.000 peserta dari berbagai daerah. Disamping itu, pihaknya sudah menerima pengajuan atau permintaan tenaga kerja yang bersertifikasi dan berkompeten untuk bekerja di ratusan perusahaan.

“Perusahaan yang sudah bekerja sama dengan BDI Jakarta saja ada 99 perusahaan. Kami memiliki 7 BDI yang mempunyai kewenangan untuk bekerja sama dengan perusahaan. Spesialisasi dengan BDI masing-masing kalau ini spesialisasi garment,” imbuhnya

Joni menuturkan para peserta mengikuti berbagai keterampilan sesuai dengan kualifikasi dari perusahaan. Program 3in 1 di ikuti oleh peserta meliputi pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. “Tidak cuma jaminan kualitas yang ditentukan oleh industri tapi juga jaminan penempatan kerja. 3in 1 sangat bermanfaat dan harus terus diperluas, tapi jangan berfokus disektor additional tapi disektor lainnya,” tutupnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK - Gudang Berita Viral 2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota - Gudang Berita Viral DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru - Gudang Berita Viral KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print